Resmi! Maverick Vinales Cerai dengan Yamaha

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 28 Jun 2021 16:11 WIB
Jakarta -

Maverick Vinales dan Monster Energy Yamaha sepakat akan berpisah setelah menghabiskan sisa musim MotoGP 2021. Kontrak berakhir lebih cepat, Top Gun tak akan tampil menunggangi Yamaha YZR-M1 lagi pada MotoGP 2022.

Pebalap Spanyol itu terikat kontrak dengan Yamaha sampai akhir musim 2022. Namun perjanjian itu berakhir satu tahun lebih cepat dari seharusnya.

Disebut Vinales sudah tidak betah di pabrikan berlambang garpu tala ini. Vinales acapkali memperoleh hasil di bawah ekspektasinya, bila dibandingkan dengan rekan setimnya Fabio Quartararo juga cukup jauh.

Di MotoGP 2021, Fabio Quartararo sudah menang empat kali dan kini memuncaki klasemen. Sementara Vinales baru sekali menang (di seri pertama Qatar).
Bahkan dia terpuruk di Sachsenring dengan finis terakhir di urutan ke-19 usai start dari posisi 21.

Namun kemudian, Vinales nyaris sempurna di sepanjang akhir pekan lalu. Dia menguasai latihan bebas MotoGP Belanda. Hasil positif berlanjut ke kualifikasi, tapi Vinales menyudahi balapan sebagai runner-up di belakang Quartararo dengan selisih 2,7 detik

Hubungannya dengan tim belum terbantu dengan keputusan Yamaha mengganti kepala kru Esteban Garcia dengan mantan kepala kru Valentino Rossi, Silvano Galbusera sejak seri Catalunya. Sampai pada akhirnya keluar pernyataan resmi Yamaha yang menyetujui permintaan Vinales untuk mengakhiri kontrak lebih cepat.

"Dengan kesedihan kami akan mengucapkan selamat tinggal kepada Maverick di akhir tahun. Kami berada di tengah musim kelima kami bersama dan selama bertahun-tahun kami telah mencapai banyak pencapaian tetapi juga harus mengelola banyak posisi terendah," ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing dalam keterangan resminya, Senin (28/6/2021).

"Setelah GP Jerman, yang merupakan akhir pekan yang paling sulit dari kerjasama kami, kami melakukan diskusi penting di Assen dan sampai pada kesimpulan bahwa kedua belah pihak berkepentingan untuk berpisah di masa depan. Yamaha akan berusaha maksimal - seperti yang selalu kami lakukan - untuk memberikan dukungan penuh kepada Maverick dan menyelesaikan musim ini dengan cara terbaik," tambah dia.

Well, selama berseragam Yamaha, Maverick Vinales sudah mencatatkan 14 pole, 24 podium, dan 8 kemenangan. Sementara capaian terbaiknya dalam kejuaraan dunia ialah tempat ketiga pada 2017 dan 2019.

"Kemitraan ini sangat penting bagi saya selama lima tahun terakhir, dan itu membuktikan keputusan yang sulit untuk berpisah. Di musim-musim ini bersama-sama, kami mengalami pencapaian besar dan masa-masa sulit. Namun, perasaan yang mendasarinya adalah saling menghormati dan menghargai. Saya berkomitmen penuh dan akan berusaha untuk mencapai hasil terbaik untuk sisa musim ini," kata Maverick Vinales.

Belum diketahui, kemana Maverick Vinales akan berlabuh. Namun rumornya ia bakal merapat ke pabrikan Aprilia.

(riar/din)