Kiprah 'Tim Indonesia' di MotoGP Belanda, Mas Bo Curi Poin

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 28 Jun 2021 12:52 WIB
Pertamina Mandalika SAG Team di Seri Pembuka Moto2 2021
Hasil 'Tim Indonesia' di seri MotoGP Belanda 2021 Foto: Pool
Jakarta -

Tim dengan nuansa Indonesia kembali mentas di kelas Moto2 dan Moto3 seri MotoGP Belanda. Beberapa pebalap berhasil mencuri poin. Siapa sajakah mereka?

Seri kesembilan MotoGP 2021 digelar di sirkuit Assen, Belanda, Minggu (30/5/2021) . Ada 3 'tim Indonesia' yang berlaga di kancah balap motor milik Dorna Sports, yakni Indonesian Racing Gresini Moto3 di Moto3, Federal Oil Gresini Moto2 di Moto2, dan Pertamina Mandalika SAG Team di kelas Moto2. Tak ketinggalan satu pebalap asli Indonesia juga bertarung di kelas Moto3, Andi Farid Idzihar atau akrab disapa Andi Gilang.

Hasil 'Tim Indonesia" di kelas Moto2

Pertamina Mandalika Racing Team, menurunkan dua pebalap di kelas Moto2. Thomas Luthi dan Bo Bendsneyder memulai balapan dari baris keempat Thomas Luthi start di posisi 11, dan Mas Bo tempat ke-12.

Sementara pebalap Federal Oil Gresini Moto2, harus start lebih belakang. Fabio Di Giannantonio memulai di posisi 14 dan Nicolo Bulega geber dari posisi 25.

Juara Moto2 Belanda ialah Raul Fernandes, pebalap dari Red Bull KTM Ajo. Dia berhasil menyelesaikan seluruh putaran dalam waktu 39 menit 01,832 detik.

Pada kelas Moto2 hanya ada dua pebalap dari 'Tim Indonesia' yang berhasil mencuri poin.

Pertamina Mandalika SAG Team di Seri Pembuka Moto2 2021Pertamina Mandalika SAG Team Foto: Pool

Pertama, Mas Bo sebagai tuan rumah harus puas berada di posisi 15, dengan selisih 22,162 detik dari Raul Fernandes. Atas hasil tersebut dia mencuri 1 poin. Sebelumnya Bo Bendsneyder terkena long lap penalty karena melakukan jump start.

Sementara Thomas Luthi berhasil finis lebih baik. Pebalap veteran asal Swiss ini menempati tempat ke-14, otomatis mengantongi 2 poin.

Nasib sial didapat pebalap Federal Oil Gresini Moto2. Dua-duanya gagal mencuri poin di Moto2 Belanda. Nicolo Bulega berada di posisi 19, sementara Fabio Di Giannantonio gagal menyelesaikan balapan. Duia hanya bisa bertahan hingga 9 lap tersisa.

Gresini Racing masih didukung Federal Oil.Gresini Racing Foto: dok.Istimewa

Meski demikian Fabio Di Giannantonio masih menjadi pebalap dari 'Tim Indonesia' dengan klasemen terbaik saat ini. Dia duduk di posisi 5 dengan mengoleksi 73 poin, sementara Bo Bendsneyder duduk di tempat 13, rider Belanda berdarah Indonesia itu sudah mengumpulkan 39 poin.

Hasil tim Indonesia di kelas Moto3

Mulai dari pebalap Indonesia yang tergabung dalam Honda Team Asia, Andi Farid Izdihar, ia berhasil menyelesaikan balapan di sirkuit Assen, Belanda. Namun Pebalap yang kerap disapa Andi Gilang tersebut finis ke-25 dan tidak mendapatkan poin.

Awal Musim yang Mengejutkan untuk 'Tim Indonesia' di Moto2 dan Moto3Tim balap Indonesia Racing sudah naik podium ketika musim Moto2 dan Moto3 2021 baru berjalan empat seri. Pencapaian ini terbilang mengejutkan.Indonesian Racing di kelas Moto3 Foto: dok.Indonesia Racing Team

Sejauh ini Andi Gilang sudah mengemas total 2 poin. Ia pun menjadi pebalap Indonesia pertama yang berhasil meraih poin lebih dari satu dalam semusim. Tentunya poin tersebut masih bisa bertambah, karena gelaran balap belum usai.

Selanjutnya pebalap Indonesian Racing Gresini Moto3 Gabriel Rodrigo gagal masuk podium. Ia finis posisi 8 dengan selisih waktu 0,9,095 detik dari Dennis Foggia (Leopard Racing) yang finis pertama dengan waktu 37 menit 35,287 detik. Sementara rekan satu paddock-nya, Jeremy Alcoba finis di 10 dengan selisih waktu 10,383 detik.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)