Rapor Merah Rossi Usai MotoGP Belanda: 3 Gagal Finis, 17 Poin, Posisi 19

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 28 Jun 2021 09:49 WIB
Valentino Rossi Terjatuh di Sesi Kualifikasi MotoGP Catalunya, Sabtu (6/6/21)
Valentino Rossi dapat serangkaian hasil buruk di paruh pertama MotoGP 2021 (MotoGP)
Jakarta -

Valentino Rossi pernah bilang kalau masa depannya di MotoGP akan diputuskan berdasarkan hasil paruh pertama musim ini. Setelah MotoGP Belanda malam tadi, rapor The Doctor ternyata banyak merahnya.

Di Sirkuit Assen dalam gelaran MotoGP Belanda, Minggu (27/6) malam tadi, Rossi lagi-lagi gagal finis. Dia mengalami kecelakaan yang membuat Yamaha tunggangannya hancur berantakan.

Dari sembilan balapan yang sudah dijalani musim ini, Rossi tercatat sudah tiga kali gagal finis. Sebelumnya dia tak bisa menuntaskan race di MotoGP Portugal dan MotoGP Catalunya.

Dari separuh balapan di musim ini, Rossi juga belum sekalipun naik podium. Malah dia baru sekali masuk 10 besar. Rossi finis ke-10 pada gelaran MotoGP Italia.

Rangkaian hasil buruk yang diterima pemilik sembilan gelar juara dunia itu membuat dia kini terperosok di posisi bawah klasemen. Setelah MotoGP Belanda, Rossi ada di urutan 19 dengan koleksi 17 poin.

Itu artinya, di antara para rider MotoGP yang tampil reguler musim ini, Rossi menempati posisi tiga dari bawah. Dia hanya lebih baik dari Luca Marini, Iker Lecuona, dan Lorenzo Savadori.

Valentino Rossi di Kualifikasi MotoGP Spanyol 2021.Valentino Rossi di Kualifikasi MotoGP Spanyol 2021. Foto: Dorna Sports

"Saya tahun MotoGP 2021 akan jadi tantangan berat, keputusan (pensiun) akan bergantung dengan hasil yang didapat. Paruh pertama tahun ini tak berjalan seperti yang diinginkan, kami berharap bisa lebih kompetitif. Kondisi seperti ini tidak membantu," kata Rossi dikutip dari Corsedimoto.

Berikut rapor buruk Rossi di 9 balapan pertama musim ini, sampai MotoGP Belanda:

BalapanPosisi StartHasil
MotoGP Qatar412
MotoGP Doha2116
MotoGP Portugal17Tak Finis
MotoGP Spanyol1717
MotoGP Prancis911
MotoGP Italia1910
MotoGP Catalunya11Tak Finis
MotoGP Jerman1614
MotoGP Belanda12Tak Finis

Lalu apakah Rossi akan pensiun setelah rentetan hasil buruk di paruh pertama MotoGP 2021?

"Saat saya sudah mengambil keputusan, saya akan kabari Anda, tapi itu sepenuhnya keputusan ada di tangan saya, bukan yang lain," tegas Rossi.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)