Marc Marquez Tak Percaya Menjadi yang Tercepat di MotoGP Jerman

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 21 Jun 2021 15:07 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 20: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team celebrates the victory and touch his shoulder under the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Germany - Race at Sachsenring Circuit on June 20, 2021 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Marc Marquez berhasil naik podium dengan meraih posisi pertama dalam seri MotoGP Jerman. Marquez pun tak menyangka bisa meraih hasil tersebut, dia sendiri awalnya juga tidak yakin bakal bersaing di tiga besar.

Dalam seri MotoGP Jerman yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Minggu (20/6/2021) kemarin, Marc Marquez berhasil menjadi juara dengan sangat meyakinkan. Merebut posisi terdepan di lap-lap awal, rider Repsol Honda itu tak mampu dikejar pesaingnya sampai balapan usai.

Hal ini menambah panjang rekor The Baby Alien di MotoGP Jerman sejak 2009, di mana Marquez selalu finish di posisi pertama sejak di kelas 125cc, kompetisi Moto2 hingga MotoGP. Banyak yang memprediksi jika Marquez akan kembali meraih posisi pertama di tahun ini, mengingat rekor positif terus dipertahankan.

Namun dia sendiri tidak memiliki target untuk finis di posisi pertama. Bahkan Marquez sendiri sudah bersyukur jika bisa menyelesaikan race di urutan lima besar. Faktor ini disebabkan kondisi lengan kanan yang belum pulih total pasca cedera. Lalu performa Marquez juga tidak konsisten setelah comeback di MotoGP Portugal pada pertengahan April.

Tetapi semua berbeda saat MotoGP Jerman berlangsung. Sejak sesi latihan bebas F4 dia sudah memberikan tanda-tanda performanya mulai kembali dengan meraih catatan waktu tercepat. Saat kualifikasi, rider asal Spanyol ini sukses start di posisi kelima. Meski begitu Marquez tak khawatir dirinya tidak meraih pole position.

"Saya tidak merasa sedih walaupun tidak meraih pole position, karena sejatinya saya tidak mengincar itu. Datang dari dua seri sebelumnya di mana saya hampir tak mencapai Q2, tujuan utama saya adalah untuk bertarung dan lebih dekat dengan barisan depan dan kami mencapai itu," kata Marquez dikutip Motorsport.

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 20: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team celebrates the victory on the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Germany - Race at Sachsenring Circuit on June 20, 2021 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 20: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team celebrates the victory on the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Germany - Race at Sachsenring Circuit on June 20, 2021 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Mengawali start di urutan kelima, Marquez hanya punya target untuk tetap mempertahankan di posisi tersebut. Bahkan pebalap berusia 28 tahun itu tak terpikirkan sama sekali untuk mengejar kemenangan.

"Kami tidak berpikir sama sekali soal kemenangan karena tidak ada cara untuk meraih itu, kita tidak memikirkannya sama sekali. Bisa meraih lima besar adalah target yang bisa dicapai, tapi itu juga sulit untuk bisa terwujud," ungkap Marquez.

The Baby Alien menyebut bahwa Johann Zarco, Fabio Quartararo dan Miguel Oliveira punya kecepatan lebih darinya. Dia mengaku bisa finish di lima besar adalah capaian yang baik di musim ini mengingat performa Honda yang sedang tidak bagus.

"Ada tiga pebalap yakni Zarco, Quartararo dan Oliveira yang punya kecepatan dan catatan waktu lebih baik dan selama balapan bisa melangkah lebih jauh," ujarnya.

"Namun menjadi optimis dan realistis di waktu yang bersamaan, finis di lima besar akan jadi hasil yang baik, untuk bisa finis di lima besar dan sedekat mungkin menjadi yang pertama merupakan hari yang baik untuk kami semua," tutur Marquez usai balapan.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)