Menangi MotoGP Jerman, Marquez: Berkat Telepon-teleponan dengan Mick Doohan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 21 Jun 2021 08:41 WIB
Rider Marc Marquez from Spain of the Repsol Honda Team reacts after winning the Moto GP race at the Sachsenring circuit in Hohenstein-Ernstthal, Germany, Sunday, June 20, 2021. (Jan Woitas/dpa via AP)
Selebrasi podium yang dilakukan Marc Marquez usai memenangkan balap di Sirkuit Sachsenring, Minggu (20/6/21) kemarin. Foto: AP/Jan Woitas
Jakarta -

Marc Marquez masih memegang tahta 'King of The Ring' usai kemenangannya pada MotoGP Jerman yang berlangsung pada Minggu (20/6/21) lalu. Dirinya masih memegang rekor 11 kali menang beruntun di sirkuit sempit ini.

Namun ada yang menarik dari kemenangan Marquez kemarin. Marquez mengakut mendapat bantuan dan dukungan dari legenda MotoGP, Mick Doohan.

Dilansir dari Crash, Marquez mengaku dirinya menelepon Mick Doohan untuk meminta masukan yang diharapkannya dapat membantu.

"Saya hanya mendengarkan orang yang mau membantu saya dan saya mencari masukan dari orang yang mau membantu saya. Dalam hal ini, saya menelepon Mick Doohan. Saya bertemunya di Mugello dan saya tahu bahwa dia dan saya punya situasi yang sama, tepatnya pada tahun 92 dan 93," ujar Marquez kepada Crash.

"Selama 30 menit saya berbicara dengannya melaui telepon. Saya mendengarkan dan dia bercerita banyak. Dia memberitahu situasinya pada masa lalu, tapi terdengar seperti situasi yang sama dengan saya," lanjut Marquez usai memenangkan MotoGP Jerman.

"Ini adalah masalah yang sama persis dengan mencari tahu masalah pada motor. Kesalahan yang bodoh, kecelakaan yang bodoh, setiap balap kamu merasa lebih cepat, namun pada saat latihan kamu tidak tahu masalah apa yang membuat kamu merasa lambat. Dia (Mick Doohan) menceritakan hal ini, terjadi padanya di masa lalu," papar Marquez.

Selain kepada Doohan, Marquez juga merasa perlu berterima kasih kepada seluruh pihak yang tetap mendukungnya walaupun dalam keadaan yang sulit.

"Ketika saya melewati garis (finis), saya langsung berpikir akan siapapun yang membantu saya hari ini. Dari melewati masa sulit, yang terasa mustahil untuk dilalui sendirian, kamu butuh orang lain, tim, dokter, physio, manajer, keluarga, teman dan semua orang yang bisa membantumu. Dan saya menemukan itu semua," ujar Marquez yang memenangi lagi balapan MotoGP, usai penantian 581 hari.

Marquez mengatakan bahwa semua pihak benar-benar membantunya untuk kembali ke performa terbaiknya. Menurutnya, dirinya siap untuk balapan selanjutnya dan akan kembali menunjukkan yang terbaik.

"Tapi hari ini, saatnya kami menikmati (kemenangan) dan berterima kasih pada semuanya," tutup Marquez yang bersiap untuk menatap MotoGP Assen yang dijadwalkan akan berlangsung pada Minggu (27/6/21) ini.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)