Netizen Indonesia Geruduk dan Ancam Bunuh Pebalap Spanyol, Gegara Bikin Mario Aji Crash

Tim Detikcom - detikOto
Selasa, 15 Jun 2021 09:55 WIB
Mario Suryo Aji raih pole position di CEV Moto3 Barcelona, Minggu (13/6/2021)
Mario Suryo Aji jatuh saat punya peluang jadi juara (dok.Astra Honda Racing Team)
Jakarta -

Pebalap muda Indonesia yang terjun di gelaran balap motor FIM CEV Moto3, Mario Suryo Aji meminta pendukungnya untuk tidak mencela, menyerang, dan mengancam Dani Munoz via media sosial. Semua bermula saat keduanya mengalami insiden dan membuat Aji gagal jadi juara.

Pada race 1 FIM CEV Moto3 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (13/06/2021) Mario Suryo Aji, yang memperkuat Astra Honda Racing terjatuh setelah bersenggolan dengan rider Dani Munoz. Insiden ini terjadi di dua tikungan terakhir jelang finish.

Saat itu Munoz sedang berusaha masuk dari sisi dalam dan terlihat memaksa mendahului Mario Aji yang ada di depannya. Namun upaya Munoz memotong Aji gagal, sehingga kedua motor saling bersenggolan dan melebar hingga terjatuh.

Meskipun terjatuh ke gravel, namun keduanya masih bisa melanjutkan sisa balapan. Munoz finish di posisi ketujuh sementara Mario Suryo Aji berada di urutan keenam.

Rider asal Magetan tersebut sejatinya punya peluang besar meraih kemenangan pertamanya di musim ini, namun insiden senggolan dengan Munoz membuat kans tersebut lenyap. Hal ini yang membuat pendukung Aji geram dan menyerang akun Instagram Dani Munoz.

Bahkan sampai hari ini, dua hari setelah kejadian itu terjadi, komnetar negatif dari netizen Indonesia masih muncul di akun Instagram Munoz.

"Bangs*t ora sportif koe cuk badjing*n," tulis salah satu netzien Indonesia yang akunnya dikunci dan belum pernah memposting apapun.

"cheat rider," timpal akun yang lain dengan nama rizky_syandana.

"ini kalau kejadian kemarin terjadi di sirkuit Indonesia, sepertinya si dani ini gak akan bisa pulang dengan selamat," timpal antareswirawan, yang akunnya juga digembok.

Melihat kejadian tersebut, melalui akun pribadi Instagramnya @mariosuryoaji1, Aji meminta pendukungnya dan netizen Indonesia tidak mencerca atau mengancam Dani Munoz di Instagram. Insiden di atas lintasan disebut Aji merupakan insiden balapan biasa.

Mario Suryo Aji meminta netizen Indinesia me hentikan seramgan pada rider asal Spanyol Dani MunozMario Suryo Aji raih pole position di CEV Moto3 Barcelona, Minggu (13/6/2021) Foto: dok.Astra Honda Racing Team

"Tak percaya saya harus mengatakan ini, tetapi tolong jangan mengirim ancaman kematian kepada Dani Munoz karena aksinya menyenggol Aji, ini balapan," tulis Mario Aji di Instagram Stories pribadinya.

Melihat unggahan tersebut, Dani Munoz kemudian mengucapkan terima kasih kepada Aji atas sikapnya "Thanks @mariosuryoaj1," tulis Dani Munoz.

Kolom komentar dalam unggahan foto milik Dani Munoz kebanjiran ucapan kebencian dari sejumlah warganet asal Indonesia. Tetapi tak sedikit juga yang saling mengingatkan agar berhenti mencemooh rider asal Spanyol tersebut.

Jalannya balapan memang sudah panas sejak awal start, bahkan banyak pebalap yang gagal finish karena terjatuh. Terhitung pada Race 2, sebanyak 15 rider tidak bisa bertahan hingga menyelesaikan balapan.

Aji kemudian gagal menyelesaikan balapan di Race 2 setelah dirinya terjatuh akibat ditabrak pebalap di belakangnya. Lagi-lagi insiden ini disebabkan oleh Munoz, dirinya tak bisa menghindari rider Marcos Ruda Comino yang tergelincir, Munoz pun ikut terjatuh dan sepeda motornya menabrak Aji.

Hasil ini membuat Mario Aji harus rela turun di peringkat kelima klasemen sementara CEV Moto3 2021 dengan meraih 42 poin. Posisi Aji digeser oleh rider David Munoz yang memperoleh 31 poin dari balapan di Sirkuit Catalunya.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)