Homologasi Sirkuit Mandalika Digelar Akhir Juli, Begini Kondisinya Sekarang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 15 Jun 2021 08:23 WIB
Jakarta -

Pembangunan Sirkuit Mandalika terus digeber. Dengan banyak progres berhasil dilakukan, proses homologasi lintasan oleh Dorna dan FIM dijadwalkan dilakukan pada akhir Juni 2021..

Homologasi sirkuit merupakan proses standar persetujuan atau sertifikasi dalam dunia balap yang meliputi standar kendaraan balap, lintasan dan komponen-komponen lainnya yang telah ditentukan untuk penyelenggaraan ajang balap. Untuk bisa menggelar MotoGP Indonesia yang dijadwalkan tahun depan, Sirkuit Mandalika wajib lolos homologasi tersebut.

Sampai saat ini Sirkuit Mandalika masih dalam tahap pengerjaan dengan memasuki proses pengaspalan service road. Selain itu juga PT Gajah Tunggal, Tbk atau yang dikenal dengan IRC Tire melakukan pendistribusian tire scrap untuk tyre barrier tahap 2.

"Hingga saat ini fokus pekerjaan di Sirkuit Mandalika tetap masih dalam proses pengaspalan service road yang sudah ter aspal sekitar 6,780 meter dari total 8,120 meter," ungkap Chief of Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto saat dihubungi detikOto, Senin (14/06/2021).

Kondisi terbaru Sirkuit MandalikaKondisi terbaru Sirkuit Mandalika Foto: Mandalika Grand Prix Association

"Kemudian pendistribusian tire scrap untuk tyre barrier tahap 2 hingga Mei 2021 mencapai 5.500 ban, sehingga total ban yang sudah on site dalam 2 tahap pengiriman sampai saat ini adalah 15.500 ban," sambungnya.

Selain itu pekerjaan juga secara paralel dilakukan antara lain penghamparan gravel bed, proses fabrikasi gantry start/finish beserta pondasi, pemasangan concrete barrier, pemasangan pagar Debris Fence serta Pitwall Geobrugg, pekerjaan landscaping (Pohon dan rumput), pekerjaan drainase permukaan kawasan sirkuit serta pekerjaan pondasi Bore Pile bangunan Race Control.

Apabila tidak ada halangan dalam proses pengerjaan, diperkirakan homologasi Sirkuit Mandalika akan dilaksanakan pada akhir Juli mendatang yang sudah disepakati bersama dengan FIM dan Dorna Sport.

"Jika tidak ada halangan, waktu homologasi yang kami sepakati dengan FIM dan Dorna Sport adalah pada akhir Juli 2021 dan pada saat itu tim homologasi mereka akan kembali mengunjungi Sirkuit Mandalika," kata Happy.

(din/rgr)