Mobil F1 Pertama Michael Schumacher Dijual Rp 25 M

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 11 Jun 2021 17:37 WIB
Michael Schumacher of Germany stands beside his #19 Camel Benetton Ford Benetton B192 Ford HB V8 after retiring from the San Marino Grand Prix with suspension failure on 17 May 1992 at the Autodromo Enzo e Dino Ferrari in Imola, San Marino. (Photo by Pascal Rondeau/Getty Images
Michael Schumcher di GP Belgia 1992 (Getty Images/Pascal Rondeau)
Jakarta -

Mobil F1 pertama yang dikendarai oleh legenda balap Michael Schumacher kini resmi dijual. Mengingat kondisinya masih bagus dan punya nilai sejarah besar, mobil ini dibanderol dengan harga mencapai puluhan miliar.

Dikutip dari Carscoops, mobil F1 yang pertama kali digunakan oleh Schumacher ini merupakan Jordan 191 Ford Cosworth HB. Mobil ini kemudian dijual pada salah satu situs dealer mobil di Inggris, Speedmaster Cars beberapa waktu lalu.

Mobil balap dengan nomor 32 ini mengusung livery warna yang didominasi hijau tua, dengan sentuhan kelir biru pada bagian bawahnya. Mengenai dapur pacunya, mobil ini menggunakan mesin Ford HBB 4 3.5 L V8 (3.500 cc delapan silinder). Hebatnya lagi, mesinnya masih terawat dengan baik dan bisa dijalankan.

Schumi, sapaan akrab Schumacher, mengendarai mobil tersebut pertama kali pada ajang GP Belgia tahun 1991. Ada cerita unik saat pebalap asal Jerman tersebut pertama kali melakukan debutnya di ajang F1.

Kala itu Schumi masih berusia 22 tahun dan sejatinya merupakan pebalap untuk tim Mercedes. Namun pemilik tim Eddie Jordan menunjuk Schumacher untuk menggantikan pebalap Bertrand Gachot yang harus menjalani hukuman dua bulan penjara di Inggris akibat berkelahi dengan seorang sopir taksi.

Schumi tak mau kehilangan kesempatan tersebut, dirinya langsung menerima tawaran dari tim Eddie Jordan. Lalu tim Jordan harus membayar kompensasi sebesar US$ 150 ribu kepada Mercedes karena memakai jasa Schumacher.

Menariknya lagi, ternyata peraih 7 kali gelar juara dunia F1 ini berbohong kepada tim Jordan. Schumacher mengaku jika dirinya sudah berpengalaman turun di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia. Sempat dibuat kesal, tetapi performa yang ditunjukan oleh Schumi di lintasan membuat tim Jordan kagum dengan kemampuannya.

Hasilnya ditunjukan oleh Schumacher pada sesi kualifikasi, dirinya berhasil meraih posisi start dari urutan ketujuh. Torehan ini lebih baik dibanding rekan setimnya saat itu, Andrea de Cesaris yang duduk di peringkat ke-11. Hanya saja saat balapan berlangsung, kopling mobil yang dikendarai Schumi mengalami masalah sehingga harus mundur dari perlombaan.

Setelah musim 1991 berakhir, mobil balap tersebut kemudian dijual kepada salah satu kolektor mobil di Belgia, hingga kemudian dijual kembali pada tahun 2005. Setelah itu mobil ini hadir pada sejumlah pameran dan festival.

Karena memiliki nilai sejarah yang besar dalam mengawali karier Schumacher, mobil balap Jordan 191 bekas ini dijual dengan banderol fantastis. Dealer Speedmaster Cars mematok harga yang mencapai 1,25 juta Poundsterling atau sekitar Rp 25 miliar. Tertarik untuk membelinya?



Simak Video "RI Mau Gelar Formula 1, Sekali Balapan Butuh Uang Rp 1,1 T!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)