Marc Marquez di Titik Nadir

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 09 Jun 2021 19:38 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 16: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda looks on in box during the MotoGP of Portugal - Free Practice at Autodromo Internacional Do Algarve on April 16, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez tengah berada di momen terendah sepanjang kariernya. Bisakah dia bangkit? (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Marc Marquez sedang mengalami titik terendah dalam kariernya di MotoGP. Setelah absen sepanjang musim 2020 karena dibekap cedera, juara dunia sembilan kali itu belum menunjukkan tajinya di MotoGP 2021. Namun pebalap asal Spanyol itu menolak menyerah dan siap berjuang untuk meraih hasil terbaik.

Musim kompetisi 2021 berjalan tak sesuai harapan Marquez. Dari 7 seri yang digelar, pebalap Repsol Honda itu hanya mampu mengemas 16 poin, dengan menempati posisi 18 klasemen sementara, tertinggal 99 poin dari Fabio yang berada di puncak.

Melihat performa buruknya saat ini, Marquez menolak melempar handuk putih. "Saya memutuskan menghadapinya dan tidak bersikap seperti pengecut", ujar pebalap berjuluk The Baby Alien, dikutip dari Tuttomotoriweb, Rabu (9/6/2021).

"(Jadi) kami perlu memahami apa yang (sudah) berubah sejak saya berhenti (balap) sampai sekarang (kembali ke sirkuit)," jelas juara dunia delapan kali itu.

Menurut Marquez, situasi yang terjadi saat ini di paddock Honda tidak bisa diselesaikan secara singkat dari satu race ke race lainnya. Tapi jika pebalap dan tim bisa mendapatkan hasil positif secara bertahap, maka performa di lintasan pun bisa diperbaiki.

Pebalap kelahiran Cervera 28 tahun silam itu juga siap dengan segala konsekuensi musim ini. "Saya secara psikologis siap untuk tidak menang dan juga jatuh lagi, karena saya tahu di mana saya berada. Kita tidak boleh membiarkan diri kita terbawa ilusi, kita harus tetap realistis setiap saat," sambungnya.

Marquez pun menatap optimis jelang seri kedelapan MotoGP 2021 di sirkuit Sachsenring, Jerman.

"Di atas kertas saya harus berjuang lebih sedikit karena sebagian besar sudut (tikungan) berada di sebelah kiri," kata Marquez. "Ini akan membantu saya, tetapi jika kami terus mengalami masalah yang sama seperti yang kami alami di Catalunya, hanya sedikit yang bisa kami lakukan untuk itu. Mari kita lihat apakah kita bisa sedikit lebih baik di sana," tutup Marquez.

(lua/din)