Kiprah Tim Indonesia di MotoGP Italia 2021, Pertamina Mandalika SAG Dapat Poin Lagi

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 31 Mei 2021 15:57 WIB
Pertamina Mandalika SAG Team di Seri Pembuka Moto2 2021
Foto: Pool. Pertamina Mandalika SAG Team di Seri Pembuka Moto2 2021.
Jakarta -

Seri keenam MotoGP 2021 digelar di sirkuit Mugello, Italia, Minggu (30/5/2021) malam WIB. Kendati tak memiliki wakil di balap kasta tertinggi MotoGP, ada beberapa tim Indonesia dan pebalap Indonesia yang bertarung di kancah Moto3 dan Moto2.

Ada 3 tim Indonesia yang berlaga di kancah balap motor milik Dorna Sports, yakni Indonesian Racing Gresini Moto3 di Moto3, Federal Oil Gresini Moto2 di Moto2, dan Pertamina Mandalika SAG Team di kelas Moto2. Lalu bagaimana performa tim Indonesia di MotoGP Italia 2021 kemarin?

Di kelas Moto3, pebalap Indonesian Racing Gresini Moto3 Gabriel Rodrigo, sukses naik podium. Ia finis posisi ketiga dengan selisih waktu 0,145 detik dari Dennis Foggia (Leopard Racing) yang finis pertama dengan waktu 39 menit 37,497 detik.

Sayangnya, performa apik Rodrigo tidak bisa diikuti oleh rekan satu paddock-nya, Jeremy Alcoba. Alcoba hanya mampu finis di posisi 15 dengan selisih waktu 12,491 detik.

Indonesian Racing Gresini Moto3Indonesian Racing Gresini Moto3 Foto: Gresini Racing

Oiya, di kelas Moto3 ini juga terdapat pebalap Indonesia yang berpartisipasi, yakni Andi Farid Izdihar dari Honda Team Asia. Andi Farid finis di posisi ke-21 dengan gap waktu 40,023 detik.

Geser ke kelas Moto2, pebalap Federal Oil Gresini Moto2, Fabio Di Giannantonio tidak bisa menyelesaikan balapan. Fabio hanya mampu balapan sebanyak 10 lap, sebelum mengalami crash.

Kendati tak dapat poin, di klasemen pebalap Moto2 sementara Fabio masih bisa bercokol di papan atas, ia sekarang ada di peringkat 5 dengan mengumpulkan 60 poin.

Sedangkan pebalap Federal Oil Gresini Moto2 lainnya, Nicolo Bulega tidak ikut balapan karena kondisi badan kurang fit usai mengalami kecelakaan saat pemanasan.

Sementara itu, pebalap Indonesia, Pertamina Mandalika SAG Team Bo Bendsneyder mampu finis di peringkat 15. Tambahan satu poin berhasil membuat Bo duduk di peringkat 12 klasemen pebalap Moto2 sementara, dengan mengemas 25 poin.

Rekan satu paddock Bo, Tom Luthi, tidak ikut balapan Moto3 di sirkuit Mugello, Italia. Tom mengundurkan diri dari balapan dan lebih memilih di rumah sakit untuk menemani pebalap Moto3 Jason Dupasaquier yang mengalami kecelakaan. Jason sendiri pada akhirnya meninggal dunia karena mengalam gegar otak serius.

(lua/din)