Marc Marquez Beda dengan Rossi, Ogah Balapan Terus

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 27 Mei 2021 16:24 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 16: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda looks on in box during the MotoGP of Portugal - Free Practice at Autodromo Internacional Do Algarve on April 16, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Saat ini pebalap Repsol Honda, Marc Marquez tengah bangkit dari keterpurukan usai absen satu tahun dari MotoGP. Ditanya kemungkinan terus balapan seperti Valentino Rossi di umur 42 tahun. Marc Marquez sungguh tidak mau.

Rider asal Spanyol ini belum 100 persen fit dari cedera lengan kanan yang dialaminya. Sudah tiga race dijalani Marc Marquez, tapi pebalap berusia 28 tahun itu belum pernah naik ke podium.

Catatan terbaik The Baby Aliens hanya finis di tempat ketujuh pada April saat mentas di MotoGP Portugal. Sebenarnya, Marc Marquez bisa saja mendapat hasil lebih baik di MotoGP Prancis, sebab Marquez sempat memimpin balapan saat terjadi situasi flag-to-flag, namun akhirnya crash sampai dua kali dan gagal menyelesaikan balapan.

Saat ini, ia berhasil mencatat 16 poin dengan duduk di posisi 17 klasemen sementara. Lebih baik dari Valentino Rossi yang bertengger di tempat ke-19 dengan torehan 19 poin.

Sehubungan penampilan Marc Marquez yang belum meraih hasil maksimal. Saat ini dia tidak memikirkan tentang bersaing dalam perburuan gelar juara dunia.

Tapi dia juga ogah terus membalap jika terus tampil tak kompetitif. Marquez pun mengakui bahwa dirinya punya mental yang berbeda dengan Valentino Rossi.

"Jalan dia (Valentino Rossi) mengagumkan, setelah semua yang dia lakukan, dia masih ingin balapan tetapi kami memiliki mentalitas yang berbeda," ujar Marc Marquez seperti dikutip dari Sky, Kamis (27/5/2021).

"Ketika saya tidak bisa lagi menang dan (terus) berjuang untuk menang, saya akan berhenti. Saya tidak dibuat untuk balapan di posisi ke-15," jelas dia.

Marc Marquez optimis tubuhnya bisa kembali fit usai libur musim panas MotoGP 2021 yang berlangsung seusai balapan GP Belanda pada akhir Juni hingga awal Agustus sebelum GP Styria digelar

"Saya optimis bahwa setelah liburan musim panas di Austria saya akan berkendara seperti yang saya inginkan. Sekarang kekuatan dan daya tahan saya lemah, tetapi ketika semuanya berjalan dengan semestinya gaya mengemudi saya akan meningkat.." kata Marc Marquez.

So, kita tunggu saja bagaimana penampilan Marc Marquez. Apakah dia bisa kembali tampil kompetitif?



Simak Video "Masalah Drainase Disinggung Rider WSBK, Mandalika Berbenah Buat MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)