Senggolan Espargaro, Morbidelli, dan Rossi, Siapa yang Salah?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 17 Mei 2021 17:13 WIB
Franco Morbidelli di Kualifikasi MotoGP Spanyol 2021.
FRanco Morbidelli terjatuh dalam insiden yang melibatkan Pol Espargaro dan Valentino Rossi di lap pertama MotoGP Prancis (Dorna Sports)
Jakarta -

Insiden sudah terjadi di lap pertama MotoGP Prancis dengan melibatkan Franco Morbidelli, Pol Espargaro, dan Valentino Rossi. Tiga rider tersebut sama-sama terimbas, siapa yang bersalah?

Pada MotoGP Prancis yang dilangsungkan di Sirkuit Le Mans, Morbidelli jadi pembalap pertama yang terjatuh. Dia gagal menguasai tunggangannya dan meluncur ke gravel pada tikungan ke-11 usai bersenggolan dengan Pol Espargaro.

Dari kejadian tersebut Valentino Rossi ikut terkena imbas. The Doctor yang sebelumnya ada di posisi tujuh merosot ke urutan 13.

Morbidelli mengatakan Pol Espargaro berkontribusi atas crash yang dia alami. Rider asal Italia itu menyebut Pol mengerem terlalu keras saat menikung sehingga bersenggolan. Pol Espargaro tidak mau disalahkan atas kejadian itu.

"Masalahnya adalah Morbidelli datang dan melakukan kesalahan saat melakukan rem," ujar Pol Espargaro dikutip Autosport.

"Tapi sebenarnya, jelas Morbidelli sudah terlambat mengerem dan melakukan kontak dengan saya. Ini adalah sesuatu yang biasa dalam balapan dan bisa terjadi sehingga merupakan insiden wajar," sambungnya.

Mendengar pernyataan tersebut, Morbidelli menjawab bahwa insiden ini lantas bukan semata kesalahan dirinya saja. Espargaro dia tuduh ikut punya peran karena melakukan kesalahan di tikungan.

"Saya pikir kesalahan dalam insiden ini harus dibagi dengannya. Jadi saya menyalipnya karena memiliki kecepatan lebih untuk masuk ke dalam, tapi saya menabrak bagian belakang dan keluar dari trek. Saya tidak bisa mengendalikan motor dan inilah insiden bagi saya," ujarnya.

"Kemudian saya bertemu dengan Rossi di paddock, kami membicarakan hal tadi dan dia setuju dengan pendapat saya. Tapi sebenarnya sudah jelas Morbidelli sudah terlambat mengerem dan melakukan kontak dengan saya, dan saya sempat kontak dengan Rossi," sambung rider asal Spanyol itu.

Bagaimana dengan Rossi? Rider 42 tahun itu menolak menyalahkan siapapun atas insiden di lap pertama itu. Tapi The Doctor tak bisa menutupi kekecewaannya peluang terbaiknya untuk bisa finish di peringkat teratas musim ini harus sirna karena insiden tersebut.

"Pada akhir lap pertama Espargaro ingin menyusul Morbidelli, tapi setelah itu dia ingin kembali ke dalam. Saya sudah bersentuhan dengan Espargaro, tetapi pada saat itu Morbidelli datang dan menyentuhnya juga, dan itu membuat saya keluar jalur. Saya kemudian turun dari posisi tujuh ke-13 dan saya kehilangan banyak waktu," ungkap Rossi.

Meski keduanya mengalami insiden, Pol Espargaro berhasil melanjutkan jalannya balapan hingga selesai dan finish di urutan delapan. Sementara Morbidelli harus rela mengakhiri balapan di posisi ke-16 dan rekan setimnya Valentino Rossi ada di urutan ke-11.



Simak Video "Momen Marquez Larang Espargaro Bocorkan Rahasia Motor Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)