Lakukan Pembenahan, Rossi Ungkap Motornya Sedikit Lebih Kuat

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 15 Mei 2021 17:29 WIB
Petronas Yamaha SRTs Italian rider Valentino Rossi takes a curve rides during the MotoGP third practice session of the Spanish Grand Prix at the Jerez Circuit in Jerez de la Frontera on May 1, 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Valentino Rossi Foto: AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU
Jakarta -

Pembalap tim Yamaha Petronas SRT, Valentino Rossi mengungkapkan jika dirinya tampil lebih baik dalam sesi latihan bebas MotoGP Prancis. Rider Italia tersebut mengakui belajar banyak saat melakukan tes yang digelar di Sirkuit Jerez, sehingga motornya sedikit lebih kuat.

Sebelumnya performa Rossi dalam beberapa balapan terakhir jauh dari kata memuaskan. Dia hanya meraih empat poin dari semua gelaran MotoGP musim ini dan tercecer di peringkat ke-21. Empat poin tersebut diraih pada seri pembuka GP Qatar dengan finish di posisi 12.

Meski mendapat banyak kritikan, Rossi pun berusaha untuk kembali ke performa terbaiknya. Dalam sesi latihan bebas FP2 MotoGP Prancis, The Doctor berhasil duduk di urutan sembilan dengan catatan waktu 1 menit 32,669 detik.

"Ini hari yang lebih baik bagi kami, karena saya cukup cepat dalam kondisi trek basah dan saya merasa nyaman dengan motornya," kata Rossi dikutip Autosport.

"Pada akhirnya saya berada di 10 besar dan finish di urutan sembilan, tetapi juga selama latihan saya berkendara dengan cara yang lebih baik. Saya lebih konstan, memiliki kecepatan yang cukup mumpuni, bisa mengerem lebih dalam dan memasuki tikungan lebih cepat," sambungnya.

PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 17: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT  speaks in box with mechanics during the MotoGP of Portugal - Qualifying at Autodromo Internacional Do Algarve on April 17, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Ilustrasi PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 17: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT speaks in box with mechanics during the MotoGP of Portugal - Qualifying at Autodromo Internacional Do Algarve on April 17, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Capaian yang diraih Rossi pada FP2 GP Prancis tak lepas dari peran tim saat melakukan uji coba latihan di Sirkuit Jerez. Beberapa tes dilakukan pada motornya untuk meningkatkan kecepatan dan melakukan beberapa perubahan.

"Saya pikir pekerjaan di Jerez sangat membantu kami, karena kami bekerja keras dalam tes, mengubah pengaturan suspensi, penggunaan garpu yang berbeda dan melakukan modifikasi keseimbangan berat motor," ujar pembalap berusia 42 tahun itu.

The Doctor pun percaya diri dengan hasil yang diraih pada sesi latihan bebas. Sehingga bisa meraih hasil positif dalam sesi kualifikasi GP Prancis.

"Saya bisa membawa lebih banyak kecepatan di tikungan tanpa melebar dan saya merasa lebih baik saat mengendarai motor. Jadi tidak terlalu buruk, kami sedikit lebih kuat dibandingkan balapan pertama," tutur Rossi.



Simak Video "Valentino Rossi Positif Corona, Yamaha Jelaskan Kronologinya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)