Waduh! Marc Marquez Lagi Gak Pede Balapan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 15 Mei 2021 12:52 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 18: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Portugal - Race at Autodromo Internacional Do Algarve on April 18, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkapkan bahwa rasa percaya dirinya tidak begitu tinggi selama mengikuti ajang balap MotoGP musim ini. Salah satu faktornya disebabkan oleh cedera yang dialami musim lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Marquez setelah mengikuti sesi latihan bebas MotoGP Prancis pada Jumat (14/05/2021). Dia mengungkapkan jika kondisinya sekarang ini sulit untuk bisa tampil seperti sebelumnya dengan mengambil banyak risiko.

"Benar bahwa kepercayaan diri saya sekarang tidak terlalu tinggi. Memang benar bahwa misalnya setelah kejadian Jerez (tahun lalu) saya berpikir di rumah bahwa perlu berhati-hati tentang risiko yang diambil saat membalap," ujar Marquez dikutip Crash.

"Bukannya saya tidak ingin mengambil resiko, tetapi untuk mengendalikan risiko tersebut saya tidak dalam kondisi fisik yang baik, jadi ada beberapa gerakan aneh selama ada di atas motor, mungkin saya tidak bisa mengendalikannya seperti sebelumnya," sambungnya.

Namun peraih delapan kali juara dunia itu masih bisa tampil cukup memukau pasca cedera yang dialaminya. Bahkan saat comeback-nya di GP Portugal, The Baby Alien mengawali start di posisi keenam dan sempat menyentuh posisi ketiga. Dia sempat nyaris menabrak rider Joan Mir, sebelum akhirnya pelan-pelan merosot karena disusul pembalap lain dan finish di posisi tujuh.

JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - APRIL 30: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team heads down a straight during Free Practice for the MotoGP of Spain at Circuito de Jerez on April 30, 2021 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Ilustrasi JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - APRIL 30: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team heads down a straight during Free Practice for the MotoGP of Spain at Circuito de Jerez on April 30, 2021 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Sementara pada sesi latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Prancis, Marquez tampil baik di mana pada FP1 dia berhasil menempati posisi kelima dengan membukukan waktu 1 menit 40,121 detik. Sementara pada sesi FP2 dirinya duduk di posisi delapan dengan waktu 1 menit 32,632 detik.

Bukan hal mudah bagi Marc Marquez untuk bisa kembali membalap seperti dulu kala. Setelah hampir 260 hari dirinya menepi karena cedera parah, pembalap berusia 28 tahun itu juga setahun terakhir menjalani tiga kali operasi akibat cedera patah tulang di bagian lengan. Sehingga butuh waktu baginya untuk kembali ke performa apik seperti beberapa musim lalu.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)