Kalah Cepat Terus, Kapan Valentino Rossi Pensiun?

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 10 Apr 2021 15:16 WIB
DOHA, QATAR - APRIL 03: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT strats from box during the qualifying practice during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on April 03, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Alessio Salucci, atau yang akrab disapa Uccio mengatakan Valentino Rossi belum terburu-buru pensiun setelah melakoni dua seri MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar. Menurutnya dua balapan belum cukup untuk menentukan masa depan The Doctor.

Seperti diketahui dalam Seri Qatar, Rossi finis di posisi 12. Lalu satu pekan kemudian, The Doctor hanya finis ke-16 di Seri Doha dan pulang tanpa poin.

Uccio adalah sahabat Rossi sedari masih bocah yang kini menjadi orang kepercayaan pebalap Italia itu. Berasal dari daerah yang sama, dari Urbino mereka bersahabat sejak berusia empat tahun.

Dia paham betul kalau Rossi tengah kesulitan nyetel dengan YZR-M1 saat berseragam Petronas Yamaha SRT. Dua seri GP yang semestinya jadi ladang poin penuh buat Rossi, harus hilang gara-gara komponen ban. Bersama tim satelit Yamaha itu, Rossi kesulitan. Dari dua race perdana, The Doctor finis di luar 10 besar.

"Sayang, musim ini dimulai dengan cara yang tak baik. Dua balapan ini tak mudah, karena ia mengalami masalah ban, kendala yang sudah ia alami beberapa waktu. Namun, ada hal positif. Ritme balapnya pada Minggu konstan dan tak angin-anginan. Tapi kami sadar hasil finis adalah yang terpenting dan kami tak sabar pergi ke Portimao," ujar Uccio seperti dikutip dari GPOne, Sabtu (10/4/2021).

Performa Rossi di dua seri MotoGP awal membuat banyak pihak mempertanyakan soal masa pensiun Rossi. Pun The Doctor hanya punya kontrak setahun dengan Petronas Yamaha. Uccio mengatakan hasrat Rossi dengan MotoGP masih tinggi, belum diputuskan kapan Rossi akan menggantung helmnya.

"Saya bisa bilang Vale masih ingin balapan dan saya yakin ia akan kembali melaju cepat bersama Yamaha. Kita tahu dia orang yang tangguh, rider yang selalu punya semangat tinggi dalam menjalani apa pun yang ia lakukan. Ia memulai musim ini dengan arah yang tak tepat, namun saya yakin ia akan cepat lagi di Portimao," ujar Uccio.

Sahabat Rossi itu menilai, dua race bukanlah patokan untuk menentukan karier Rossi. Ia meminta semua pihak bersabar.

"Sama sekali tidak. Dua balapan tidak bisa menentukan masa depan Valentino. Kejuaraan Dunia baru saja dimulai dan kita akan lihat bagaimana perilakunya di grand prix masa depan," kata Uccio.

"Jika dia kuat dan kompetitif di empat atau lima balapan berikutnya, dia pasti akan terus bergerak maju di MotoGP. Kalau tidak, lihat saja nanti bagaimana sikap kami," simpulnya.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)