Terungkap! Morbidelli Melorot Gegara Holeshot Device, Apa Itu?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 31 Mar 2021 14:17 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 28: Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 28, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Franco Morbidelli. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Franco Morbidelli tak bisa menunjukkan taringnya di balapan pembuka MotoGP 2021. Pebalap Petronas Yamaha SRT itu harus puas finis di posisi 18. Ternyata penyebabnya adalah holeshot device.

Rekan setim Valentino Rossi itu terlempar ke kelompok belakang meski start dari posisi tujuh. Morbidelli hanya bisa mengalahkan Lorenzo Savadori dari Aprilia setelah duo LCR Takaaki Nakagami dan Alex Marquez, dan pebalap Tech 3 Danilo Petrucci tersingkir.

Morbidelli tidak merinci apa masalahnya. Namun dilansir Motorsport, sumber di paddock mengatakan bahwa holeshot device motor Yamaha YZR-M1 tunggangan Morbidelli itu macet saat balapan.

Apa sih holeshot device itu? Perangkat ini pertama kali diperkenalkan oleh Ducati pada 2019. Secara mekanis, holeshot device akan menurunkan bagian belakang motor untuk mengurangi gejala wheelie dan meningkatkan akselerasi sat start balapan.

Setelah fitur holeshot device diaktifkan, bagian belakang motor langsung turun secara signifikan. Cara kerja fitur ini dengan menekan kompresi suspensi belakang hingga ke titik maksimal. Itu membuat bagian belakang motor jadi rendah dan mengunci.

Perangkat telah berevolusi sejak sebagian besar pabrikan juga dapat menggunakannya saat keluar dari tikungan. Sementara Aprilia, Honda, Yamaha dan KTM juga memiliki perangkat holeshot depan untuk start balapan.

Morbidelli hanya mengatakan bahwa dirinya bermasalah pada bagian suspensi. Rasanya motor dia tidak memiliki suspensi.

"Ini adalah masalah yang perlu kami selidiki lebih baik karena juga terjadi di lain waktu selama akhir pekan, tetapi dalam balapan kami melihat dengan jelas bahwa ada sesuatu yang salah dan sayangnya kami harus melakukan balapan yang buruk," kata Morbidelli.

"Yah, pada dasarnya motor berhenti berputar dan bagian belakang motor mulai terasa kosong, seperti saya tidak memiliki shock breaker."

"Saya tidak bisa berbelok. Yah, saya bisa berbelok tapi saya harus lebih lambat satu detik. Saya bisa berakselerasi, tapi saya harus satu detik lebih lambat."

"Jadi, itulah efek yang saya miliki. Kami belum tahu penyebabnya, saya yakin orang-orang Yamaha akan membantu saya dalam masalah ini," ucapnya.



Simak Video "Miguel Oliveira Pole Position, Joan Mir Start Ke-20 di MotoGP Portugal"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)