Morbidelli Jeblok di MotoGP Qatar, Motornya Lambat Seperti Tak Punya Suspensi!

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 29 Mar 2021 21:32 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 28: Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 28, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Franco Morbidelli Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Franco Morbidelli, rider Petronas Yamaha SRT ini tak berhasil menorehkan poin pada seri MotoGP Qatar 2021. Ada hal mengganjal pada YZR-M1 "Spek A" yang memengaruhi performa Morbidelli di Sirkuit Losail.

Morbidelli sebenarnya dapat posisi start yang cukup baik setelah dia duduk di urutan tujuh pada kualifikasi. Namun dia finis tanpa meraih poin, dan sudah langsung melorot posisinya sedari putaran pertama. Sebenarnya apa masalah motormu, Morbidelli?

Pebalap berumur 26 tahun ini mengeluhkan kendala pada bagian belakang. Pebalap Italia ini tidak nyetel dengan daya cengkeram ban belakang, bahkan saking tidak nyamannya, Morbidelli serasa membawa motor tanpa suspensi.

"Pada dasarnya, bagian belakang motor mulai terasa 'kosong', seperti tidak memiliki redaman dan tidak memiliki suspensi," ungkapnya seperti dikutip crash, Senin (29/3/2021).

Masalah itu membuat Morbidelli harus mengurangi kecepatan dengan drastis, ia harus rela melihat pebalap lain melewatinya, dan akhirnya menyelesaikan balapan di posisi dua dari belakang.

"Ya bisa belok tapi harus melaju satu detik lebih lambat. Saya bisa berakselerasi, tapi harus melaju satu detik lebih pelan," tambah dia.

Morbidelli tak ingin berspekulasi lebih jauh, ia berharap mekanik dan krunya bisa segera menemukan sumber masalah tersebut.

"Kita belum tahu penyebabnya. Kami akan memeriksanya lebih detail. Saya yakin orang-orang Yamaha akan membantu saya dengan itu," ungkap Morbidelli.

Dugaan awal, bisa saja masalah berada pada perangkat holeshot YZR-M1 spek A yang ditunggangi Morbidelli.

"Pada hari Minggu sebelum balapan di grid, sesuatu yang aneh terjadi. Kami memperhatikan di grid bahwa perangkat holeshot kami aktif sendiri (tanpa perintah), entah kenapa."

"Pasti ada sesuatu yang tidak benar. Itu jelas terlihat dalam balapan. Sekarang kami harus mencoba menyelesaikannya secepat mungkin karena balapan terus berjalan," tambah Morbidelli.



Simak Video "Aksi Sandiaga Uno Jajal Mini Triatlon di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)