Naik Motor Tim Satelit MotoGP Yamaha, Rossi: Awalnya Aneh, Tapi ...

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 07 Mar 2021 12:43 WIB
Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar
Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Foto: Instagram @sepangracingteam
Jakarta -

Valentino Rossi memulai persiapan MotoGP 2021 dengan mengikuti sesi tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (6/3). Yang menarik, Rossi kini tidak lagi berada di tim pabrikan, melainkan di tim satelit yakni Petronas Yamaha SRT. Bagaimana kesan pertama Rossi saat memacu motor tim satelit?

Legenda MotoGP Valentino Rossi cukup antusias menyambut musim ke-26-nya di balap motor kelas premier. Ia merasa jika capaian itu adalah perjalanan hidup, bukan perjalanan karier.

"26 musim cukup mengesankan. Ini hidup, bukan karier!" kata Rossi, seperti dikutip dari Crash.

Pebalap berusia 42 tahun itu mengaku sangat bersemangat memulai petualangan baru bersama tim 'nomor dua'. Warna livery motor yang baru, tim baru, dan segala sesuatu yang baru, membuat Rossi lebih termotivasi dan memiliki lebih banyak kekuatan untuk bekerja.

Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, QatarValentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar Foto: Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Instagram @sepangracingteam

"Awalnya aneh, tetapi pada akhirnya motornya juga tetap M1 saya. Jadi meskipun dia mengganti pakaiannya, sisanya sama dan tim memiliki atmosfer yang bagus," sambung Rossi.

Kendati berada di tim satelit, Rossi sendiri dipastikan mendapatkan motor balap spek pabrikan, sama seperti dua pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Rossi bersama Quartararo dan Vinales, akan menggunakan YZR-M1 2020. Sedang rekan garasi Rossi, Franco Morbidelli bakal menggunakan YZR-M1 2019 A-Spec.

Sementara bicara soal kru, rekan Rossi di paddock Yamaha SRT memang banyak dihiasi wajah baru. Rossi hanya membawa tiga orang kepercayaannya, kepala kru David Munoz, pelatih pebalap Idalio Gavira, dan analis data Matteo Flamigni.

Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, QatarValentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar Foto: Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Instagram @sepangracingteam

Bersama orang-orang kepercayaannya tersebut, Rossi yakin bisa memberi hasil maksimal untuk tim balap yang dinakhodai oleh Razlan Razali tersebut.

"Saya pasti akan memberikan yang maksimal. Saya berlatih keras selama musim dingin ini. Saya merasa baik, saya tahu bahwa permainan ini sangat sulit karena ada banyak pembalap muda dan di MotoGP sekarang levelnya sangat tinggi dan semua orang sangat kuat," sambung Rossi.

Di sesi tes pramusim Qatar, The Doctor menorehkan catatan waktu tercepat di posisi ke-14. Rossi lebih cepat dari Quartararo dan rider test Yamaha, Cal Crutchlow, yang masing-masing finis di peringkat 15 dan 16.

"Hasil akhirnya tidak fantastis tetapi sepanjang hari saya tidak terlalu buruk, kecepatan saya cukup bagus, jadi sentuhan pertama positif," tukas Rossi.



Simak Video "Valentino Rossi di MotoGP Qatar: Start Keempat, Finis Kedua Belas"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)