Meluncur Bak Roket, Ini Komponen yang Bikin Jorge Martin Lewati 10 Pebalap saat Start!

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 30 Mar 2021 10:34 WIB
Ducati Johann Zarco Pecahkan Rekor Kecepatan, Tembus 362,4 Km/Jam
Ilustrasi motor Ducati Foto: MotoGP.com
Jakarta -

Selain penampilan ciamik dari duo rider Ducati, Johann Zarco, dan Pecco Bagnaia. Pebalap rookie dari Ducati Pramac, Jorge Martin curi perhatian.

Ia melesat bak roket, dengan mudahnya menyalip pebalap lain saat memulai balapan di Sirkuit Losail, Qatar. Jorge Martin yang memulai balapan dari posisi 14, bisa merengsek masuk ke posisi ke-empat.

Meski Jorge Martin tidak bisa mempertahankan posisinya ini. Pada akhirnya, rookie itu berhasil menyelamatkan satu poin dari debutnya.

Penampilan Jorge Martin, serta ketiga rider Ducati lainnya berkat holeshot device dan disokong tenaga besar Desmosedici GP20. Keempatnya melakukan start fantastis dan langsung memimpin.

Setelah fitur holeshot device diaktifkan, bagian belakang motor langsung turun secara signifikan. Cara kerja fitur ini dengan menekan kompresi suspensi belakang hingga ke titik maksimal. Itu membuat bagian belakang motor jadi rendah dan mengunci.

Dampaknya, efek roda depan mengangkat (wheelie) akan berkurang, sehingga pembalap bisa meraih start yang bagus.

"Saya sangat gugup sebelum mulai balapan, itu tidak bagus. Tapi startnya sangat bagus. Saya tidak berharap yang keempat, perkiraan saya hanya bisa berada di sekitar posisi 10," kata Martin seperti dikutip dari speedweek, Selasa (30/3/2021).

"Ketika saya mulai melaju, saya perhatikan ternyata saya sangat cepat dan saya naik lima posisi di zona pengereman. Kemudian saya melewati Zarco, tapi kemudian saya sedikit terlalu antusias," sambung Martin.






Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)