Benarkah Motor MotoGP Honda Paling Sulit Dikendarai?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 26 Mar 2021 20:36 WIB
Repsol Honda resmi meluncurkan motor barunya untuk MotoGP 2021. Dua pebalapnya Marc Marquez dan Pol Espargaro hadir dalam peluncuran tersebut.
Repsol Honda di MotoGP 2021! Foto: Istimewa/Repsol Honda Team.
Jakarta -

Motor MotoGP Honda dianggap paling sulit dikendarai. Banyak pebalap yang kurang beruntung saat menunggangi Honda RC213V. Contohnya Jorge Lorenzo dan Alex Marquez yang performanya tak bisa cemerlang seperti Marc Marquez. Benarkah motor Honda sulit dikendarai di MotoGP?

Pol Espargaro, pebalap yang akan melakoni debut di tim Repsol Honda akhir pekan ini, menyangkal anggapan motor Honda adalah yang paling sulit dikendarai di MotoGP. Pol sendiri sebelumnye berpengalaman dengan motro Yamaha M1 dan KTM RC16 sebelum merapat ke Repsol Honda.

Motor MotoGP Honda memang membutuhkan gaya balap yang agresif untuk mendapatkan yang terbaik. Pol Espargaro yakin gaya agresif mirip dengan rekan setim barunya Marc Marquez, akan memudahkan menaklukkan Honda RC213V.

"Ya, di masa lalu ketika saya mendengar seseorang mengatakan motor ini sangat sulit, saya selalu berpikiran sama," kata Espargaro seperti dikutip Crash.net.

"Bagi saya, Honda jelas bukan motor termudah di grid, tapi saya tidak setuju bahwa ini adalah motor paling sulit di grid."

"Anda hanya perlu menyesuaikan dengan gaya mengendarai motor ini dan saya merasa dalam tes Qatar saya sedikit mencocokkannya."

"Saya tidak tahu berapa banyak karena kami hanya berkendara selama empat hari di tempat yang sama, jadi sulit untuk mengevaluasi seberapa banyak saya terhubung dengan motor, tetapi saya akan mengambil topik ini bahwa motor itu sulit dan saya ingin menjadi positif dan proaktif serta mewujudkan sesuatu," ucap Espargaro.

Akhir pekan ini MotoGP akan digelar di Qatar. Honda sendiri tidak memiliki rekor terbaik di Qatar, kemenangan terakhir mereka adalah pada 2014. Espargaro mengakui rekor Honda di Qatar yang kurang maksimal, tetapi tetap positif.

"Jadi memulai di sini di Qatar bukanlah yang terbaik untuk Honda dan yang pasti bukan salah satu trek terbaik saya, tetapi bahkan seperti itu tesnya cukup positif. Jadi seperti yang saya katakan, kami akan melakukannya dan melihat apa bisa kita lakukan di balapan pertama ini," katanya.

=======

Tonton live streaming MotoGP Qatar di detikOto, Minggu (28/3) malam pukul 24.00 WIB



Simak Video "Aksi Sandiaga Uno Jajal Mini Triatlon di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)