MotoGP 2021: Rossi Ngeluh Soal Sasis, Motor Yamaha Masih Bermasalah Seperti Tahun Lalu?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 08 Mar 2021 14:37 WIB
Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar
Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Foto: Instagram @sepangracingteam
Jakarta -

Valentino Rossi harus tercecer ke posisi 20 di hari kedua tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (7/3). Ia mengaku mengalami sejumlah kendala teknis pada motornya, termasuk bagian sasis yang dipermasalahkan. Apakah ini menjadi sinyal jika motor Yamaha YZR-M1 bakal bernasib sama seperti musim MotoGP 2020 lalu?

Dikutip dari Crash, Valentino Rossi memberikan penilaiannya terhadap sasis Yamaha YZR-M1. Seperti diketahui, Rossi menggunakan YZR-M1 2020, berbeda dari rekan setimnya, Franco Morbidelli yang menggunakan YZR-M1 2019 A-Spec.

"Hari ini kami terus mencoba kedua sasis, tetapi kesan saya pada hari kedua tes bahwa (sasis baru) sangat mirip dengan motor tahun lalu," terang pebalap Petronas Yamaha SRT itu.

"Ini tidak terlalu mirip dengan sasis 2019. Ini adalah sesuatu antara (2019 dan 2020). Tapi ketika saya berkendara, saya merasa sangat, (ini) sangat mirip dengan (sasis) tahun 2020," sambung pebalap berusia 42 tahun.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengaku belum menggunakan sasis baru. Namun rekannya, Fabio Quartararo sudah mencobanya dan memberi pandangan seperti Valentino Rossi.

"Rasanya belum sama seperti (sasis) 2019, saya harap sasis baru akan sangat mirip (dengan sasis 2019). Kami sedang mengerjakannya dan saya pikir ini sangat penting karena sasis motor 2019 sangat luar biasa," kata Quartararo.

Sekadar informasi, di musim MotoGP 2020 lalu Yamaha mengalami kendala teknis yang membuatnya sulit kompetitif hingga akhir musim. Padahal di awal-awal kompetisi, pebalap Yamaha menampilkan performa menjanjikan, dengan Fabio Quartararo mengemas kemenangan di dua seri pertama.

Sebagian besar problem besar tim Yamaha di musim lalu adalah seputar masalah mesin, elektronik, dan sasis model 2020 yang diklaim kurang memiliki daya cengkeram ke aspal.

Lantas mengapa di musim ini, Rossi dan Quartararo menginginkan sasis baru dibuat semirip karakter sasis 2019? Itu karena sasis ini minim masalah dan cocok dengan YZR-M1. Sebagai bukti, Morbidelli yang tahun lalu masih menggunakan sasis model 2019, bisa tampil kompetitif dan berhasil memenangi 3 seri balap MotoGP 2020, sehingga bisa finis sebagai runner-up di bawah pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir.



Simak Video "Joan Mir Pede Juara MotoGP Lagi, Rossi Jagokan Morbidelli"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)