Valentino Rossi Tercecer ke Posisi 20 di Tes MotoGP 2021 Qatar, Ini Sebabnya

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 08 Mar 2021 10:30 WIB
Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar
Valentino Rossi mengikuti tes MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Foto: Instagram @sepangracingteam
Jakarta -

Valentino Rossi tercecer ke posisi 20 di hari kedua tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (7/3). Pebalap Petronas Yamaha SRT itu tertinggal sekitar 1,7 detik dari pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo yang berhasil menjadi rider tercepat.

Lantas apa masalah yang dialami Rossi, sehingga ia tercecer di posisi bawah? Padahal di hari pertama tes pramusim Qatar, The Doctor sempat tampil impresif dan finis di posisi ke-14.

"Yang pasti posisinya tidak fantastis dan juga waktu lap saya tidak fantastis, tapi hari ini saya merasa sangat tidak nyaman dengan motornya," kata Rossi, dikutip dari Crash.

Rossi mengaku jika dirinya tidak cukup cepat pada sesi uji coba hari kedua ini. Untuk itu, ia bersama timnya akan coba memeriksa data tes bersama dan berusaha menemukan solusinya.

Di sisi lain, pebalap berusia 42 tahun itu merasa ada masalah di ban motornya. "Kami sedikit kesulitan dengan ban, dengan cengkeraman, kami mencoba beberapa hal berbeda, tetapi pada akhirnya kami tidak melakukannya. Tidak menemukan solusi," sambung pria kelahiran Italia.

"Kami menderita terutama dalam akselerasi, karena saya tidak memiliki banyak grip belakang. Kami mencoba menggunakan motor dengan setingan yang kami coba dalam dua hari ini, tetapi sekarang dalam dua hari ke depan (sebelum tes terakhir hari Rabu), kami akan memeriksa datanya dan mencoba bersiap, serta lebih kompetitif untuk ujian berikutnya," sambung Rossi.

Masalah Pada Sasis

Dari semua permasalahan teknis yang ada, Rossi juga memberikan catatannya terhadap sasis YZR-M1 yang bakal digunakannya musim ini. Menurut Rossi, karakter sasis M1 yang ia gunakan, sangat mirip dengan karakter sasis tahun 2020 yang mengalami banyak masalah tahun lalu.

"Hari ini kami terus menggunakan kedua sasis, tetapi kesan saya pada hari kedua adalah bahwa (sasis baru) sangat mirip dengan motor tahun lalu," kata Rossi.

"(Sasis) ini tidak terlalu mirip dengan sasis 2019 (seperti yang digunakan Franco Morbidelli). Ketika saya berkendara, saya merasa sangat, sangat mirip dengan tahun 2020," sambungnya.



Simak Video "Joan Mir Pede Juara MotoGP Lagi, Rossi Jagokan Morbidelli"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)