Selamat Ulang Tahun ke-42, Valentino Rossi, Sampai Kapan Mau Balapan Terus?

Ilham Satria Pikriansyah - detikOto
Selasa, 16 Feb 2021 20:09 WIB
Valentino Rossi
Valentino Rossi merayakan ulang tahunnya yang ke-42 hari ini. Rossi sudah tua untuk ukuran pebalap MotoGP ( Twitter @sepangracing)
Jakarta -

Hari ini warga Italia merayakan hari jadi salah satu atlet terbesar yang pernah mereka punya. Tepat Selasa 16 Februari ini, Valentino Rossi berulang tahun ke-42.

Rossi lahir di Urbino, Italia pada 16 Februari 1979. Sebagaimana sejarah telah mencatat perjalanan kariernya yang begitu cemerlang, Rossi adalah salah satu pebalap motor paling bertalenta dan paling sukses sepanjang masa.

Rossi lebih dari sekadar atlet. Dia adalah entertainer. Seorang penghibur. Namanya, kehebatannya, keflamboyanan dia di atas motor telah membantu mengangkat ajang MotoGP menjadi sebesar sekarang ini.

Namun sebagaimana kehidupan berjalan, Rossi kini sudah menapaki jalan menuju akhir (karier). Tanda-tandanya sudah jelas: pemilik sembilan gelar juara dunia itu terdepak dari tim pabrikan dan akan membela tim satelit di musim ini.

Sulit melihat Rossi tidak bertarung bersama tim terbaik. Tapi The Doctor sendiri menerima kondisi itu sebagai sesuatu yang tak terhindarkan. Rossi masih punya hasrat membalap yang sangat besar. Hasrat itu saat ini hanya bisa dia salurkan jika menerima tawaran Yamaha Petronas SRT.

Valentino Rossi sebelum balapan MotoGP Eropa 2020.Valentino Rossi sebelum balapan MotoGP Eropa 2020. Foto: Dorna Sports

Beberapa fans mungkin menyebut 'usia bukan penghalang bagi Valentino Rossi'. Itu ada benarnya jika yang dilihat fakta sebatas Rossi masih berlaga di MotoGP. Kalau harus diakui, kondisinya tak seperti itu. Soalnya dalam beberapa musim terakhir, dia jelas-jelas mulai kehilangan daya saing.

Intinya, Rossi tak bisa membohongi usianya sendiri.

Pembalap yang paling dekat usianya dengan Rossi ialah Aleix Espargaro (31). Lihatlah selisih usia mereka berdua: 11 tahun! Lalu Danilo Petrucci dan Johann Zarco yang berusia 30 tahun, terpaut jarak 12 tahun dari Rossi.

Valentino Rossi malah pantas jadi bapaknya Fabio Quartararo. Rider muda penuh potensi yang mengambil posisi Rossi di Monster Yamaha MotoGP. Bayangkan saja, usia Quartararo cuma separuh umur Rossi. Jarak antara mereka 21 tahun.

Usia yang bertambah tua memberi pengaruh pada konsistensi Rossi di lintasan. Terakhir kali Rossi punya peluang untuk bisa memenangi gelar juara terjadi pada musim 2015. Kala itu ia bersaing dengan Jorge Lorenzo untuk bisa mendapatkan gelar juara yang memiliki selisih poin cukup tipis.

Namun insiden dengan Marc Marquez di Sepang membuat ia harus rela start di posisi buncit pada seri terakhir di Valencia. Alhasil, Valentino Rossi gagal mendapatkan gelar ke-10 dalam kariernya, sementara Lorenzo berhasil jadi juara.

(FILES) In this file photo taken on July 25, 2020, Monster Energy Yamaha's Italian rider Valentino Rossi attends the fourth MotoGP free practice session of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera. - Seven-time MotoGP world champion Valentino Rossi said on October 15, 2020, he has tested positive for coronavirus and will miss this weekend's Grand Prix of Aragon. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)Valentino Rossi belum pernah lagi memenangi balapan sejak Assen 2017 Foto: AFP/JAVIER SORIANO

Kalau mau jujur, peluang Rossi untuk mewujudkan mimpinya meraih gelar juara dunia yang ke-10 sudah hilang. Selain 'cuma' bergabung dengan tim satelit Yamaha Petronas SRT, musim lalu saja Rossi hanya bisa finish di posisi ke-15 klasemen akhir MotoGP dan meraih 66 poin (terlepas dari fakta dia sempat absen akibat positif COVID-19).

Oleh Tim Yamaha Petronas SRT, Rossi dikontrak satu musim. Itu kemudian memunculkan spekulasi kalau MotoGP 2021 pada akhirnya memang benafr-benar akan menjadi musim pamungkasnya. Rumor sudah beredar, menyebut pebalap gaek itu bakal berada di belakang layar di manajemen Luca Marini.

BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates the third place at the end of the MotoGP qualifying practice during qualifying for the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 26, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Selamat ulang tahun ke-42, Valentino Rossi Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Bicara soal kemenangan, Rossi juga sudah sangat lama tidak meraihnya. Kali terakhir dia naik podium teratas adalah di MotoGP Belanda pada 2017. Setelah itu dia sukses meraih beberapa podium, tapi tak pernah lebih dari itu.

Menarik untuk menantikan bagaimana kiprah Rossi di MotoGP 2021 ini. Apalagi dia dijanjikan akan dapat motor dan perlakuan selayaknya rider tim pabrikan oleh Yamaha di Petronas SRT.

Apapun itu, Valentino Rossi layak merayakan hari jadinya yang ke-42 ini dengan penuh suka cita. Bisa jadi ini merupakan perayaan ulang tahunnya yang terakhir sebagai pebalap MotoGP.

Buon compleanno, Vale!



Simak Video "Valentino Rossi di MotoGP Qatar: Start Keempat, Finis Kedua Belas"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)