Yang 'Janggal' dari Launching Motor MotoGP Yamaha: 'Green Screen' dan Ketiadaan Rossi

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 16 Feb 2021 10:16 WIB
Tim Monster Energy Yamaha memperkenalkan tim di MotoGP 2021, Senin (15/2/2021).
Peluncuran Monster Energy Yamaha motoGP (dok. Monster Energy Yamaha)
Jakarta -

Monster Energy Yamaha MotoGP malam tadi me-launching motor baru untuk MotoGP 2021. Yamaha YZR-M1 terlihat tak jauh berbeda, yang mencuri perhatian justru penggunaan green screen dan ketiadaan Valentino Rossi.

Yamaha menyambut MotoGP 2021 dengan line up baru. Maverick Vinales akan bertandem dengan Fabio Quartararo untuk mencoba memberikan lagi pabrikan berlogo garpu tala itu gelar juara dunia yang sudah lebih dari lima tahun ini gagal diraih.

MotoGP 2021 jadi era baru buat Monster Energy Yamaha MotoGP. Untuk kali pertama dalam nyaris satu dekade terakhir mereka tak lagi diperkuat Valentino Rossi. The Doctor, yang hari ini tepat berusia 42 tahun terbuang ke tim satelit.

Pemilik 9 gelar juara dunia MotoGP itu digusur tempatnya oleh Quartararo. Rider muda potensial yang usianya persis separuh umur Rossi.

Motor tim Monster Energy Yamaha untuk edisi MotoGP 2021.Motor tim Monster Energy Yamaha untuk edisi MotoGP 2021. Foto: dok. Monster Energy Yamaha

Terlepas dari tak ada lagi Rossi di tim Yamaha, motor YZR-M1 milik mereka secara kasat mata tak mengalami perubahan berarti pada sisi livery. Masih sangat mirip dengan motor musim lalu, Yamaha memberi warna hitam dan biru yang dominan nyaris di seluruh bagian motor. Di bagian tengah masih terpampang logo Monster, perusahaan minuman energi asal Amerika Serikat yang jadi sponsor utama Yamaha.

Yamaha punya pekerjaan rumah besar dalam menyiapkan motor untuk MotoGP 2021. Tahun lalu mereka dikritik karena motor-motornya tak memberikan performa terbaik pada Vinales, Rossi, Quartararo, sampai Franco Morbidelli.

Yamaha yang dijagokan bisa jadi juara dunia saat Marc Marquez absen, justru keteteran menghadapi KTM dan Suzuki. Masalah mesin bergantian datang ke rider-rider yang menunggangi Yamaha. Yang pada akhirnya membuat mereka kehilangan daya saing dengan para kompetitor.

"Kami tidak konsisten tahun lalu. Kami harus menyingkirkan masalah itu, kami harus menemukan solusi. Saat Maverick sedang dalam performa terbaik, dia sulit dikalahkan. Tapi saat dia tengah terpuruk, yang kadang terjadi karena kondisi motornya, kami harus menjaganya tetap bangkit," ucap bos Tim Yamaha, Lin Jarvis.

Seremoni Peluncuran Tim yang Tak Biasa

Seperti tim-tim lain yang sudah memamerkan motor barunya, Yamaha juga memilih me-launching YZR-M1 secara online. Pandemi COVID-19 memaksa seluruh tim melakukan peluncuran motor via streaming.

Namun cara Yamaha memperkenalkan tunggangan terbarunya terbilang unik. Mereka sepertinya memilih menggunakan green screen. Saat Vinales dan Quartararo muncul dengan motornya, pada latar belakang terlihat pit box virtual dalam bentuk animasi.

Hanya saja, visual animasi pit box tersebut terkesan 'jadul'. The Race menyebut virtual green screen tersebut mengingatkan kembali pada game balap pada awal kemunculan PlayStation 2.



Simak Video "Sirkuit Losail Milik Yamaha: Kemarin Vinales, Kini Quartararo"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)