Penasaran Nggak Lihat Duet Dovizioso dengan Motor Marquez di Qatar?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 27 Jan 2021 18:38 WIB
Mission Winnow Ducatis Italian rider Andrea Dovizioso celebrates winning the Qatar MotoGP grand prix at the Losail track in Qatars capital Doha on March 10, 2019. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)
Andrea Dovizioso Foto: Karim Jaafar/AFP
Jakarta -

Andrea Dovizioso tengah dikaitkan dengan kursi kosong RC213V. Menurut manajernya, Simon Battistella ada baiknya Honda lihat dulu performa Dovizioso di test pramusim Qatar.

Selama dua tahun terakhir, Andrea Dovizioso selalu jadi yang tercepat di sirkuit Losail, Qatar.

Pada 2019 lalu misalnya, Dovizioso menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 36,902 detik. Marquez lebih lambat 0,023 detik hingga harus puas di posisi kedua.

Salip-salipan antara Dovizioso dengan Marquez berlangsung hingga sektor akhir di final lap MotoGP Qatar. Keunggulan kecepatan motor Ducati yang membuat Dovozioso tak kehilangan posisi pertama dari Marquez dalam satu tikungan.

Menurut Battistella, Honda perlu membari ruang agar bisa mengenal Dovizioso, salah satunya dengan memberi kesempatan Dovizioso untuk geber RC213V di sirkuit Losail, Qatar pada tes pramusim Maret mendatang.

"Saya akan mengatakan ya untuk panggilan, guna mengenal satu sama lain, dan supaya bisa memahami bagaimana Andrea akan beradaptasi dengan itu (RC213V)," tuturnya seperti dikutip dari situs MotoGP, Selasa (27/1/2021).

"Kami berbicara tentang motor pemenang dan pembalap yang selalu sangat kuat di Qatar; kombinasi itu pasti akan membuat penasaran fans," sambungnya.

Meski demikian HRC belum mengontak manajer Dovizioso.

Bicara rekor, Valentino Rossi masih tercatat sebagai pebalap yang masih aktif dengan koleksi kemenangan terbanyak di Sirkuit Losail [4] di kelas premier. Torehan itu menyamai eks pebalap MotoGP Casey Stoner.

Qatar juga 'ramah' bagi Jorge Lorenzo. Rider Spanyol tersebut sudah tiga kali juara di MotoGP pada 2012, 2013, dan 2016. Tantangan besar bagi Lorenzo, karena ini akan menjadi pembuka eranya di Repsol Honda plus dilalui dengan kondisi yang kurang optimal akibat cedera.

Sementara itu, masing-masing satu kemenangan direbut oleh Marc Marquez dan Maverick Vinales. Sedangkan Dovizioso suda dua kali jadi juara, dan mungkin saja mengunci kemenangan yang ketiga kalinya di Qatar.

MotoGP Qatar sudah menggelar kejuaraan balap motor bergengsi ini sejak 2004. Yamaha menjadi tim yang paling sering juara dengan delapan kemenangan, termasuk lima kemenangan sejak balapan digelar malam hari pada 2008.

Tapi meski didominasi Yamaha, justru Honda yang menjadi pemenang pertama balapan ini ketika Sete Gibernau naik podium teratas di edisi pertama. Ketika itu Gibernau finis di depan Colin Edwards, untuk memastikan Honda finis 1-2.



Simak Video "Dovizioso Ngamuk Usai Kualifikasi MotoGP Aragon"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)