Jago Ngebut di Sirkuit, Pebalap MotoGP Ini Baru Lulus Bikin SIM

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 24 Jan 2021 12:50 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - NOVEMBER 20: Miguel Oliveira of Portugal and Team KTM Tech 3 rounds the bend during the free practice for the MotoGP of Portugal at Algarve Motor Park on November 20, 2020 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Miguel Oliveira Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Lisbon -

Bisa memacu motor dengan kecepatan tinggi di lintasan balap bukan berarti bisa mengendarai sepeda motor dengan legal di jalan raya. Malah pebalap MotoGP yang satu ini baru lulus ujian SIM, padahal pernah menjadi juara MotoGP 2020.

Ialah Miguel Oliveira yang baru mengajukan permohonan pembuatan SIM di negaranya, Portugal. Sebelumnya, Oliveira harus mengakui bahwa dia tidak diizinkan mengendara motor di jalan raya.

Kini, pebalap MotoGP dari pinggiran kota Lisbon itu mengambil langkah lebih jauh. Dilansir Speedweek, Miguel Oliveira berhasil menyelesaikan tes mengemudi teoritis di komputer. Dia dinyatakan lulus ujian teori SIM untuk mengendarai motor di jalan raya.

Karena pandemi Corona, tes mengemudi Oliveira pun berlangsung dalam kondisi khusus. Pemenang MotoGP dua kali itu harus duduk di kursinya dengan masker FFP2 dan jarak aman.

"Cuma ingin memberitahu kalian bahwa aku baru pergi ke sekolah berkendara untuk ikut ujian, dan aku lulus," tulis Miguel Oliveira dalam akun instagramnya seperti dilihat detikcom, Minggu (24/1/2021).

[Gambas:Instagram]



Dia memang dinyatakan lulus ujian teori. Namun mengingat skill-nya di dunia balap, tes praktis sepertinya bukan menjadi masalah bagi bintang MotoGP tersebut.

Sementara itu, Oliveira berhasil membawa nama Red Bull KTM menjadi juara dua kali di MotoGP 2020. Miguel Oliveira membuat sejarah pada tahun 2020 ketika ia memenangkan dua balapan MotoGP.

Dia menjadi juara di Austria dan di balapan pemungkas 2020 di Portimao, Portugal. Di kandang GP di Portimão, Oliveira, yang akan menjadi bagian dari tim pabrikan Red Bull KTM mulai 2021, meraih sukses kedua di akhir musim.



Simak Video "Miguel Oliveira Pole Position, Joan Mir Start Ke-20 di MotoGP Portugal"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)