Davide Brivio Tinggalkan Tim MotoGP Suzuki, Pindah ke Tim Balap F1?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 07 Jan 2021 10:41 WIB
2020 World champion, Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR celebrates with SUZUKI ECSTAR Team Manager Davide Brivio after the end of the MotoGP race during Valencia Grand Prix in Ricardo Tormo Circuit in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 15, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz)
Manajer Tim Suzuki Ecstar Davide Brivio (kiri) akan tinggalkan MotoGP. Foto: AP/Alberto Saiz
Jakarta -

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, dikabarkan hengkang dari ajang MotoGP. Brivio akan pindah ke balap mobil Formula 1 (F1) dan memimpin tim F1 Alpine yang berganti nama menjadi Renault.

Suzuki sendiri memang belum mengeluarkan pengumuman resmi, namun Suzuki mengatakan kepada Crash.net bahwa mereka tidak bisa mengonfirmasi atau menyangkal laporan tersebut.

Sebagai informasi, Davide Brivio merupakan sosok kunci yang mengembalikan kejayaan Suzuki di ajang MotoGP. Musim lalu, Brivio berhasil membawa tim Suzuki Ecstar meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 2000.

Sebelumnya, Brivio pernah berkarier di Yamaha dan menjadi sosok penting yang meyakinkan Valentino Rossi untuk pindah secara mengejutkan dari Honda ke Yamaha di akhir musim 2003.

Brivio dan Rossi kemudian memutuskan meninggalkan Yamaha pada akhir 2010. Brivio melanjutkan pekerjaan sebagai konsultan VR46 sebelum menerima tawaran Suzuki menjelang kembalinya pabrikan Jepang itu di pentas MotoGP 2015.

Di Suzuki, Brivio melakukan banyak perekrutan pebalap muda yang potensial seperti Maverick Vinales, Alex Rins, Joan Mir. Nama pebalap yang disebut terakhir bahkan bisa mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 sekaligus memutus dominasi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

"Saya pikir Brivio melakukan pekerjaan yang fantastis, karena dia mampu memadukan pekerjaan dari Jepang dengan pekerjaan yang sangat kuat di Italia," kata Rossi tentang kesuksesan Suzuki di MotoGP tahun ini. "Terutama dia mampu meyakinkan Jepang untuk bekerja sama dengan orang Eropa dan mereka membuat tim yang sangat kuat," sambung Rossi.

Jika nantinya Davide Brivio benar-benar bergabung bersama tim balap F1 Alpine, maka dia akan bekerja sama dengan Fernando Alonso dan Esteban Ocon di musim ini.

Sebagai pengganti Brivio di tim Suzuki Ecstar MotoGP, kabarnya mantan bos Ducati dan Honda, Livio Suppo, menjadi salah satu orang yang masuk dalam kandidat pengganti.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)