Ducati Sebut Motor MotoGP Bisa Pakai Radar, Buat Apa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 07:34 WIB
Italys Andrea Dovizioso rides his Ducati during the Aragon Motorcycle Grand Prix at the Motorland circuit in Alcaniz, Spain, Sunday, Oct. 18, 2020. (AP Photo/Jose Breton)
Motor MotoGP Ducati. Foto: AP/Jose Breton
Jakarta -

Teknologi motor balap untuk balapan MotoGP kian berkembang. Ducati menjadi salah satu pionir dalam banyak penggunaan perangkat elektronik pada motor MotoGP. Bahkan, teknologi yang umum dipakai di mobil saat ini bisa saja dipakai di motor MotoGP.

Salah satunya adalah sistem radar. Head of Electronic Systems Department Ducati Gabriele Conti, membocorkan bahwa motor balap bisa saja menggunakan radar tersebut.

"Untuk balapan, untuk masa depan, saya ingin menambahkan sesuatu yang akan membantu pebalap kami untuk bertarung ketika Anda dekat dengan pebalap lain. Misalnya dengan (perangkat) radar yang telah kita coba untuk parkir (di mobil saat ini)," kata Conti dalam Media Roundtable: Lenovo and Ducati Partnership secara virtual yang dihadiri detikcom, Kamis (26/11/2020).

Buat apa sih radar tersebut? Menurut Conti, motor MotoGP bisa saja menggunakan radar untuk memudahkan pebalap mempertahankan posisinya. Misalnya, radar itu memberikan sinyal kepada pebalap bahwa ada kompetitornya yang mendekat sehingga bisa melakukan manuver yang tepat agar tidak disalip.

ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 25: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team leads  Danilo Petrucci of Italy and Ducati Team during the MotoGP race during the MotoGP of Teruel at Motorland Aragon Circuit on October 25, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 25: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team leads Danilo Petrucci of Italy and Ducati Team during the MotoGP race during the MotoGP of Teruel at Motorland Aragon Circuit on October 25, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Di masa depan untuk balapan saya pikir kami akan menggunakannya untuk mengetahui di mana kompetitor Anda, untuk memberikan pergerakan yang tepat agar tidak disalip," sebut Conti.

Itu untuk motor balap. Tapi kini, Ducati sudah menyematkan radar di motor jalan raya, yaitu Ducati Multistrada V4 yang baru saja diluncurkan.

Ducati Multistrada V4 menjadi motor pertama yang dilengkapi dengan teknologi radar di depan-belakang. Adopsi sistem radar untuk motor jalan raya itu membuat kenyamanan berkendara, terutama dalam perjalanan panjang. Sistem semacam ini sudah banyak diterapkan di kendaraan roda empat.

Radar yang diposisikan di depan mengontrol pengoperasian Adaptive Cruise Control (ACC) yang memungkinkan motor melakukan akselerasi dan pengereman secara otomatis menyesuaikan jarak yang ditentukan rider.

Sementara radar belakang pada Ducati Multistrada V4 berfungsi untuk mendeteksi dan melaporkan keadaan blind spot, yaitu area yang tidak terlihat baik secara langsung oleh pengendara atau melalui kaca spion. Sistem BSD (Blind Spot Detection) juga memberi sinyal jika ada kendaraan mendekat dari belakang dengan kecepatan tinggi. Inikah yang dimaksud Conti bisa disematkan di motor Ducati di MotoGP?



Simak Video "Pecco Bagnaia Resmi Gabung Ducati Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)