Joan Mir Sebut Daftar Rivalnya Musim Depan, Rossi-Morbidelli Tak Masuk Hitungan

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 26 Nov 2020 13:51 WIB
Joan Mir, Valentino Rossi
Joan Mir dan Valentino Rossi. Foto: Twitter @MotoGP
Jakarta -

Joan Mir sukses menjuarai MotoGP 2020, sekaligus memutus dominasi Repsol Honda-Marc Marquez yang mendominasi kompetisi ini 4 musim berturut-turut. Pebalap Suzuki Ecstar itu pun siap menyambut MotoGP 2021 dan sudah mengantongi beberapa nama pebalap yang bisa bersaing memperebutkan gelar juara. Rossi dan Morbidelli tidak masuk hitungan.

Meski sukses mengunci gelar juara MotoGP tahun ini, Joan Mir kini menghadapi tekanan besar jelang MotoGP tahun depan. Bukan apa-apa, terlepas dari konsistensinya sepanjang musim ini, Mir dianggap beruntung bisa juara karena minim tekanan lantaran dia tidak dijagokan dan Marquez absen hampir semusim penuh. Jika Marquez kembali ke sirkuit di MotoGP 2020, maka Mir akan mendapatkan tekanan yang kuat.

"Kejuaraan tahun ini sangat berbeda dan saya mampu mengelola tekanan dengan baik, pada 2021 skenarionya akan berbeda lagi. Marquez akan kembali, pebalap yang telah memenangkan banyak kemenangan dan menjadi yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Saya termotivasi untuk ini, meskipun sekarang saya mencoba untuk menikmati momen," kata Mir dikutip dari Tuttomotoriweb.

Dengan modal status juara MotoGP 2020, Mir percaya diri bisa bersaing merebut gelar juara musim depan, sekalipun kompetisi berjalan lebih sengit. "Saya lebih percaya diri, karena saya telah menunjukkan bahwa saya bisa menang. Di saat yang sama, kita tahu bahwa kombinasi Honda-Marquez sangat kuat di beberapa musim terakhir. Untuk menyaingi mereka, kami masih harus melakukan peningkatan. Saya harus mengambil podium dan memenangkan lebih banyak balapan. Saya tahu bagaimana caranya konsisten, tapi saya juga perlu memenangkan lebih banyak seri," sambungnya.

Bicara soal rival beratnya di musim depan, Mir terang-terangan menyebut beberapa nama pebalap dan pabrikan. Namun ia tidak memasukkan nama Franco Morbidelli dan sang legenda Valentino Rossi yang membalap di bawah bendera Petronas Yamaha SRT. Joan Mir masih menganggap rekannya, Alex Rins, dan Marc Marquez, dan dua pebalap Monster Energy Yamaha (Maverick Vinales-Fabio Quartararo) sebagai rival terkuat.

"Yang pertama adalah Marc dan saya berharap tahun depan tidak akan seperti tahun ini, dengan enam hingga sepuluh rival langsung yang punya peluang merebut gelar juara. Saya mengharapkan Alex Rins, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan beberapa pebalap Ducati . Pebalap baru Ducati (Jack Miller dan Francesco Bagnaia) akan melaju kencang. Dan terakhir ada nama KTM yang akan bersaing. Saya tidak ingin melupakan siapa pun seperti yang terjadi pada saya, sebelum memulai kejuaraan ini," tukasnya.



Simak Video "Catatan Menarik Joan Mir Jadi Juara Dunia MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)