Joan Mir Juara karena Marc Marquez Absen?

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 16 Nov 2020 10:18 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 20:  Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR (R) speaks with mechanics in box during the MotoGP Tests In Valencia at Ricardo Tormo Circuit on November 20, 2018 in Valencia, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Kemenangan Joan Mir berkat absennya Marc Marquez? Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

MotoGP 2020 adalah musim yang cukup unik dari sebelumnya. Digelar di tengah pandemi virus Corona, setiap rangkaian seri balapan menyimpan kejutan hingga Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar meraih gelar Juara Dunia MotoGP 2020.

Sepanjang musim ini juga sang juara bertahan, Marc Marquez dari Honda harus menepi sejak awal musim karena cedera di MotoGP Spanyol. Apakah ketidakhadiran Marquez di sepanjang musim ini jadi alasan Joan Mir juara?

Mir yang ditanyai dan mengetahui ada orang berpendapat demikian memberikan tanggapannya.

"Orang yang mengatakan ini, itu karena mereka tidak tahu banyak tentang sepeda motor. Marc tidak ada di sini bukan karena dia sedang diculik," tanggap Mir seperti dilansirkan oleh Motorsport.

Menurutnya Marc Marquez ikut berkompetisi di musim ini. Tapi karena kesalahan Marc sendiri ia terpaksa menepi dan memulihkan diri dari cedera lengan.

"Marc berada di balapan pertama, berusaha keras untuk menang di seri itu dan memenangkan kejuaraan tapi dia membuat kesalahan yang membuatnya kehilangan satu musim. Itu dia," ujar Mir

"Ini adalah bagian dari permainan, olahraga, dan MotoGP. Saya tidak menganggap gelar ini kurang pantas untuk diraih karena Marquez tidak ada di sana ketika dia cedera," timpalnya.

Gelar yang diraih Mir adalah yang pertama bagi Suzuki dalam 20 tahun terakhir. Joan Mir menjadi orang Spanyol ke-empat yang menjadi juara MotoGP setelah Alex Criville, Jorge Lorenzo, dan Marquez.

Kemenangan Mir ini adalah buah dari konsistensinya selama musim 2020. Ia berhasil naik podium tujuh kali dari 12 balapan.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)