Test Rider Yamaha di MotoGP 2021: Lorenzo Out, Crutchlow In

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 14 Nov 2020 06:31 WIB
Cal Crutchlow di kualifikasi MotoGP Aragon 2020.
Cal Crutchlow jadi test rider Yamaha di MotoGP 2021 (Dorna Sports)
Jakarta -

Yamaha melakukan perombakan pada posisi pebalap penguji mereka untuk menyambut MotoGP 2021. Jorge Lorenzo tak lagi bekerja bersama tim tersebut, sebagai gantinya masuk Cal Crutchlow.

Yamaha mengumumkan kesepakatan kontrak dengan Crutchlow pada Jumat (13/11) kemarin, jelang digelarnya MotoGP Valencia. Kesepakatan tersebut sekaligus mengakhiri kerjasama Yamaha dengan Lorenzo, yang semusim ini jadi test rider mereka.

Itu artinya, Crutchlow akan mengendarai Yamaha YZR-M1 pada tes-tes resmi MotoGP dan juga serangkaian tes private tim berlambang garpu tala tersebut. Demikian dikutip dari The Race.

Ada peluang juga Crutchlow mengendarai motor Yamaha dalam balapan resmi di MotoGP 2021. Sebab, kabarnya kontrak dengan rider asal Inggris itu termasuk dengan pemberian status wild card. Crutchlow juga bakal menjadi rider pengganti andai dua pebalap utama Yamaha, Fabo Quartararo dan Maverick Vinales, berhalangan tampil.

KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 08: Jorge Lorenzo of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  looks on in pit during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 08, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Jorge Lorenzo terdepak sebagai test rider Yamaha di MotoGP 2021 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Crutchlow sejatinya sudah tak asing lagi dengan Yamaha. Pada 2009 dia memenangi World Supersport bersama Yamaha, di mana saat itu dia dimpimpin oleh Wilco Zeelenberg yang kini jadi tim manajer Petronas Yamaha.

"Yang pertama dan utama, saya ingin mengatakan 'selamat datang kembali, ' kepada Cal. Saya masih ingat kedatangan pertama Cal ke YMR beberapa tahun lalu sebagai juara baru World Supersport dan menunjukkan hasratnya untuk membalap di ajang MotoGP," cetus bos Yamaha Racing, Lin Jarvis.

Crutchlow mulai terjun di kelas MotoGP pada 2011 bersama Yamaha Tech 3. Penampilannya terbilang gemilang, di mana dia menyabet status rookie terbaik dengan capaian tertinggi finis keempat di MotoGP Valencia.

Tiga tahun bersama Tech 3, Crutchlow lantas menyeberang ke Ducati. Hanya bertahan semusim di tim asal Italia itu, Crutchlow lantas memperkuat tim satelit LCR Honda.

Sejauh ini dia sudah tampil dalam 166 balapan, meraih tiga kemenangan, 19 kali naik podium, meraih empat pole position, dan empat fastest lap.



Simak Video "Jorge Lorenzo Akhirnya Geber Yamaha M1 Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)