Marc Marquez Masih Jago Usai Cedera? Ini Kata Mick Doohan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 01 Nov 2020 12:52 WIB
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez makes the victory sign on the sidelines of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 26, 2020. - Marquez will not start the Andalucia MotoGP in Jerez after dropping out of qualifying four days after an operation on a broken arm. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)
Usai sembuh dari cedera, Marc Marquez bakal tampil agresif lagi? Foto: AFP/JAVIER SORIANO
Jakarta -

Marc Marquez harus absen di gelaran MotoGP 2020 lantaran cedera lengan. Juara dunia lima kali 500 cc, Mick Doohan yakin usai pulih dari cedera, mentalitas The Baby Aliens tidak akan berubah.

Pebalap Repsol Honda itu melewatkan sebagian besar MotoGP 2020, sampai kini ia masih menjalani pemulihan buntut kecelakaan yang dialaminya di seri pertama di Jerez. Belum bisa dipastikan kapan Marquez bisa balapan lagi di musim ini sekalipun diprediksi pada November mendatang.

Absennya pebalap asal Cervera itu tentu menimbulkan sejumlah pertanyaan. Usai sembuh dari cedera, apakah performa Marquez bakal merosot, dan tak lagi agresif sediakala?

Legenda MotoGP Mick Doohan yakin betul, Marc Marquez tidak akan berubah. Lantaran pebalap berusia 27 tahun itu memiliki mentalitas yang kuat. Sampai-sampai Doohan membandingkan cedera yang dideritanya di masa lalu.

"Saya juga pernah melakukan hal serupa di masa lalu. Saya terlalu memaksakan diri dengan kaki saya pada 1999 untuk comeback terlalu cepat. Kemudian saya mematahkan seluruh sekrup-sekrup di pelat dan kaki saya remuk. Itu juga alasannya pensiun," ungkap Doohan seperti dikutip dari Tuttorimotoweb, Minggu (1/11/2020).

Pria asal Australia itu yakin bahwa Marc Marquez akan kembali tampil dominan dan merebut kemenangan lagi usai sembuh dari masa pemulihan.

"Sebagai seorang pebalap Anda selalu harus menatap tujuan Anda berikutnya, dan untuk dia tujuannya adalah kembali secepat mungkin. Dari sudut pandang mental, dia tetap akan menjadi Marc, dia cuma harus melupakan cedera fisiknya. Dia akan tangguh. Dia akan kembali menang lagi dan merebut gelar-gelar juara dunia."

"Sebuah cedera tidak akan terlalu mengubah cara Anda mendekati balapan. Kami semua tahu - kami sebagai pebalap - bahwa cedera bisa terjadi. Ini adalah sesuatu yang Anda harus terima bahkan sebelum Anda menunggangi motor. Dan ketika Anda cedera, Anda berusa memahami mengapa hal itu terjadi dan seberapa lama pemulihannya sebelum comeback."

"Sayang sekali Marc mesti absen lebih lama. Namun, dia sudah mengatasinya dari sisi psikologis jadi itu pada dasarnya hanya tentang: kapan aku bisa kembali dan mulai menampilkan level terbaikku lagi," ungkap Doohan tentang Marc Marquez.



Simak Video "Lihat Lagi Duel Panas Dovizioso Vs Marc Marquez di MotoGP!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)