Dovizioso Pilih Gabung Yamaha, Suzuki, atau Aprilia?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 29 Okt 2020 16:30 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 13: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team greets in paddock during the MotoGP Of Austria - Previews at Red Bull Ring on August 13, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Andrea Dovizioso akan rehat dulu atau jadi test rider? Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Andrea Dovizioso akan memutuskan karirnya di MotoGP akhir pekan ini. Belum diketahui kemana rider Italia itu akan berlabuh, namun tiga pabrikan tengah dikaitkan, yakni Yamaha, Suzuki, dan Aprilia.

Rider berusia 34 tahun ini dipastikan tak lagi membela Ducati musim depan, lantaran kontrak baru tidak menemui titik temu. Ducati pun sudah mengantongi nama pebalapnya musim depan, di antaranya Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Aprilia tak mau kehilangan kans untuk mengambil Dovizioso sebagai pebalapnya. Jika Dovizioso mencari tim pabrikan, peluang paling memungkinkan adalah gabung Aprilia.

Sebab saat ini satu posisi pebalap tim Aprilia sedang lowong menyusul kasus doping Andrea Iannone. Saat ini Bradley Smith menjadi rekan sementara Aleix Espargaro menggantikan Iannone.

Dikutip Motorsport, Kamis (29/10/2020) melaporkan bahwa Dovizioso tidak memiliki minat untuk gabung ke Aprilia. Lebih lanjut bagi yang ingin meminang Dovizioso harus ruang untuk bisa tampil di ajang lain, seperti misalnya motocross, sebab itulah yang diinginkannya.

Insiden Johann Zarco dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalunya 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Insiden Johann Zarco dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalunya 2020. (AP Photo/Joan Monfort) Foto: AP/Joan Monfort

Apakah ia akan rehat dulu atau bersedia menjadi pebalap tes? Dovizioso usai cerai dari Ducati, belum memiliki Rencana B, namun ia masih menimbang, memilih tim mana yang akan dia bela pada musim 2021.

"Saya ingin terus balapan dan balapan, menjadi aktif. Saya punya beberapa tawaran untuk melanjutkan MotoGP pada 2021, kami harus membuat keputusan," ujar Dovizioso seperti dicuplik Motosan.es, Jumat (23/10/2020).

SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 15: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team returns in box during the MotoGP Of Austria - Qualifying at Red Bull Ring on August 15, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Andrea Dovizioso ingin terus balapan musim depan Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Simone Battistella, manajer Dovizioso, mengatakan jika kliennya tidak menutup kemungkinan melanjutkan kariernya sebagai pebalap penguji. Namun, dia menegaskan jika Dovi tidak akan bergabung sebagai test rider di Honda.

Dovizioso juga masih memilih tim mana yang akan dia bela. Terutama kesempatannya untuk bisa kembali menggeber motor sebagai pebalap utama di kelas MotoGP.

"Apa yang diinginkan Andrea adalah bisa mengikuti ajang balapan di lain di tahun ini," kata Battistella.

Peluang cukup besar bergabung sebagai test rider Yamaha, menggantikan Jorge Lorenzo. Jika memilih Yamaha, ia memiliki kans masuk menggantikan Valentino Rossi, yang kontraknya bersama Yamaha hanya sampai 2021.

Sementara itu, Suzuki sampai sekarang masih menggunakan jasa Sylvain Guintoli sebagai test driver mereka. Pabrikan asal Jepang itu diklaim bisa mendapat keuntungan lebih dengan menarik Dovizioso menjadi pebalap penguji, mengingat Dovi memiliki banyak pengetahuan teknis terkait motor yang dapat bersaing di papan atas.

Sedangkan KTM, mereka tampaknya sudah puas dengan Dani Pedrosa sebagai pebalap tes. Selain itu, KTM biasanya lebih memprioritaskan memakai pebalap didikan mereka sendiri untuk bertarung di MotoGP, sehingga kecil peluang Dovizioso bergabung dengan pabrikan Austria itu.

"Kami akan membuat keputusan akhir pada pekan ini," sambungnya.



Simak Video "Jawaban Emosional Dovizioso Tentang Ducati dan Masa Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)