Nah Lho, Tim MotoGP Indonesia Tak Diizinkan Luncurkan Tim di Kantor Kemenpora

Mercy Raya - detikOto
Selasa, 27 Okt 2020 21:24 WIB
Desain livery motor MotoGP Indonesia
Livery motor Mandalika Racing Team Indonesia (Instagram @mandalikaracingteam)
Jakarta -

Kementrian Pemuda dan Olahraga tidak mengizinkan Mandalika Racing Team Indonesia melakukan peluncuran tim tersebut di kantornya. Menpora juga tak akan hadir di event tersebut.

Diungkapkan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, pihak Kemenpora Mendukung penuh Mandalka Racing Team yang berniat membangun tim Moto2 dan akan berlaga di MotoGP 2021. Namun untuk peluncuran tim, yang dijadwalkan digelar Rabu (28/10) besok, pihaknya tidak mengeluarkan izin event itu dilangsungkan di Kantor Kemenpora.

Kemenpora menyebut kalau leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kemenpora tidak ingin melampaui yang menjadi kewenangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Jadi, pertama pokoknya kami mendukung kegiatan (tim MotoGP) Mandalika, itu sudah jadi agenda. Tentu semua berharap itu sukses. Tapi persiapan untuk pebalapnya itu belum ada kata sepakat dari pihak IMI (Ikatan Motor Indonesia). Lalu perlu aprove dari Dorna. Jadi apa yg dilakukan Mandalika Racing Team, mereka akan berupaya monggo saja. Tapi kami tak fasilitasi untuk jumpa pers. Menpora juga tak akan hadir," kata Gatot dalam pesan singkat pada detikcom.

Mandalika Racing Team IndonesiaMandalika Racing Team Indonesia Foto: Istimewa

Diberitakan sebelumnya, penggagas Mandalika Racing Team Indonesia, Rapsel Ali, telah mengonfirmasi rencana peluncuran tim. Dia menyebut kalau event tersebut akan dilaksanakan pukul 19.00 WIB. Tempatnya di Kemeterian Pemuda dan Olaharaga.

"Iya besok jam 19 di Kemenpora," jawab Rapsel melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (27/10/2020).

Dilanjutkan Gatot, pihak Kemenpora sudah menghubungi Rapsel Ali soal tidak keluarnya izin menggelar peluncuran tim di Kantor Kemenpora.

Raffi Ahmad Jadi Duta Mandalika Racing Team IndonesiaRaffi Ahmad Jadi Duta Mandalika Racing Team Indonesia Foto: Dok. Mandalika Racing Team Indonesia

"Mereka sempat mengusulkan. Awalnya kami monggo-monggo saja. Tapi saat saya diingatkan Menpora dan Ketum IMI, biar itu menjadi urusan IMI, Dorna, dan Racing (Mandalika Racing Team Indonesia). Kemudian saya beritahu, mohon maaf tidak bisa di Kemenpora. Kami tidak mengizinkan," lanjut Gatot.

Menpora Zainudin Amali tidak diagendakan hadir dalam peluncuran Mandalika Racing Team Indonesia, bertolak belakang dengan klaim Rapsel Ali. Kata Gatot, Menpora akan menghadari acara puncak Hari Sumpah Pemuda, yang justru sudah lama diagendakan.

DetikOto telah mencoba mengonfirmasi hal ini pada Rapsel Ali. Namun hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan diberikan.



Simak Video "Mandalika Masuk Sebagai Cadangan di Kalender MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)