Ini yang Bikin Motor Morbidelli Kencang Betul

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 26 Okt 2020 10:45 WIB
ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 16: Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT rounds the bend during the free practice for the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 16, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Franco Morbidelli juara MotoGP Teruel 2020 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Franco Morbidelli begitu cepat di MotoGP Teruel 2020. Rider Petronas Yamaha itu tak terkejar hingga akhirnya keluar sebagai pemenang. Apa rahasia motor Morbidelli?

"Ramón (Track Engineer) dan Andy (Electronic Engineer) telah melakukan pekerjaan yang sensasional. Kemarin mereka bekerja di dalam paddock sampai jam 10 malam, mencoba menemukan dua atau tiga desimal lagi yang saya butuhkan, dan pagi ini, dalam pemanasan, saya sudah merasa sangat nyaman dengan motornya. Saya tahu saya harus mencapai batas di setiap lap dan itulah yang telah saya lakukan, memberikan yang terbaik dan tidak terlalu memikirkan ban," kata Morbidelli seperti dikutip dari Motorsport, Senin (26/10/2020).

Pada balapan yang digelar sirkuit Motoland Aragon, di MotoGP Teruel 2020, Minggu (25/10/2020) malam WIB, Morbidelli memulai start dengan baik. Motor Yamaha YZR-M1 miliknya mampu menempel pebalap LCR, Takaaki Nakagami.

Rider LCR Honda itu terjatuh di lap pertama, hingga membuat Morbidelli menempati posisi terdepan. Sedangkan Alex Rins langsung berada di posisi kedua membuntuti Franco Morbidelli.

"Saya tahu saya harus agresif dan saya memulai dengan kuat. Ada rintangan kecil dengan Nakagami, tapi kemudian dia jatuh dan cakrawala terbuka di depanku. Sejak saat itu, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus memberikan yang terbaik sampai akhir," jelas pebalap Petronas itu.

Sedangkan Alex Rins mengakui bahwa Franco Morbidelli sulit didekati di sepanjang balapan. Motornya kalah cepat dari Yamaha.

"Balapan yang bagus. Pekan lalu saya lebih cepat, tapi Morbidelli menunjukkan kemampuan hebatnya. Saya bisa menjaga jarak dengannya di awal balapan, karena memakai ban soft, tapi setelahnya dia mampu ngacir," ujar Rins seperti dikutip GPOne.

"Morbidelli luar biasa, saya tidak bisa sama sekali melewatinya karena dia terlalu cepat. Tapi, apa pun itu, saya puas dengan performa motor saya," sambung Alex Rins.

Morbidelli tak terkejar hingga 23 lap berlalu di MotoGP Teruel. Rider Italia itu mencatatkan waktu 41 menit 47,652 detik.

Menyusul Morbidelli ada duo rider Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir. Rins menyentuh garis finis lebih lambat 2,205 dari Morbidelli, sementara Mir berjarak 5,376 detik.



Simak Video "MotoGP 2020 Selesai, Hasilnya Ada 9 Pemenang Berbeda"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)