Tak Sekadar Start Terdepan, Nakagami Incar Podium MotoGP Teruel

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 25 Okt 2020 10:15 WIB
ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 18: Takaaki Nakagami of Japan and LCR Honda Idemitsu  celebrates the indipendent team victory under the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 18, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Takaaki Nakagami incar podium di MotoGP Teruel. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Takaaki Nakagami berhasil meraih pole position pertamanya. Bakal start balapan dari posisi pertama, Nakagami pun mengincar podium MotoGP Teruel.

Pebalap Team LCR Honda, Takaaki Nakagami, cukup terkejut saat dirinya berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Teruel di Sirkuit Aragon, Spanyol (24/10). Nakagami juga menjadi pebalap Honda pertama yang meraih pole position sepanjang 10 seri MotoGP 2020.

"Perasaan yang luar biasa, saya tidak pernah menyangka akan berjuang untuk posisi terdepan," bilang Nakagami, seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

"Akhir pekan ini kami kompetitif dan saya senang bermain untuk barisan depan, tetapi pada akhirnya saya mencapai putaran yang baik dan ketika saya melihat waktu di bawah 1:47 detik, saya sangat senang. Motornya sangat kuat, kecepatan kami kompetitif dan bagi kami itu kejutan, karena kami tidak mengubah apa pun sejak akhir pekan lalu," sambungnya.

Atas hasil yang diraih di sesi kualifikasi tersebut, pebalap Jepang berusia 28 tahun itu pun bertekad naik podium MotoGP Teruel, sekaligus memutus dominasi pebalap-pebalap Eropa di kancah balap motor terpopuler sejagat itu.

"Saya sudah memikirkan strategi, tapi Morbidelli dan Rins sangat kuat di awal balapan, jadi saya berharap mendapatkan awal yang baik," terang Nakagami.

"Saya ingin menikmati balapan, karena saya merebut pole position, hari Kamis saya mengumumkan kontrak baru, jadi saya tidak lagi stres dan saya memiliki lebih banyak kebebasan," lanjutnya.

Jika harapan itu terwujud, Nakagami bisa mengulangi sukses seniornya, Makoto Tamada. Tamada pernah menjadi kampiun di seri MotoGP Motegi 2004 silam.

"Saya tidak ingat balapan itu dengan baik, tetapi mereka mengatakan kepada saya bahwa posisi pebalap Jepang terdepan terakhir adalah Tamada-san pada tahun 2004," kata Nakagami.

"Enam belas tahun yang lalu, waktu yang lama telah berlalu sejak saat itu. Saya adalah teman baiknya, saya selalu mengikutinya di TV ketika dia berjuang untuk kemenangan. Saya bangga bisa membawa pulang pole, langkah selanjutnya adalah kemenangan," tukasnya.

Sepanjang 10 seri MotoGP 2020, Nakagami tampil cukup menjanjikan. Meski belum pernah naik podium, Nakagami selalu finis di posisi 10 besar dari 9 balapan yang sudah digelar. Ia pun menjadi pebalap Honda dengan koleksi poin tertinggi saat ini dengan 92 poin dan sedang menempati urutan kelima klasemen pebalap.

Berkat performa impresifnya tersebut, Nakagami akan dikontrak selama dua tahun oleh LCR Honda. Ia akan menjadi tandem Alex Marquez, dan mendapat upgrade mesin yang sama.

Musim ini Nakagami diketahui masih memakai motor RC213V dengan spek mesin 2019, berbeda dengan para pebalap Honda lainnya yang sudah memakai spek 2020.



Simak Video "Ironi Nakagami di MotoGP Teruel"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)