10 Fakta Menarik Tim MotoGP Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 24 Okt 2020 17:51 WIB
Desain livery motor MotoGP Indonesia
10 Fakta menarik Tim MotoGP Indonesia. Foto: Instagram @mandalikaracingteam

7. Butuh Biaya Puluhan Miliar

Sampai saat ini Rapsel masih menutup rapat informasi mengenai biaya pembentukan serta keikutsertaannya di MotoGP. Walaupun begitu, ada informasi perkiraan dari tim-tim lain yang sudah berpartisipasi.

Sebagai pembanding, di tahun 2018 Giovanni Cuzari pernah membocrokan berapa biaya operasional tim Moto2. Giovanni Cuzari adalah bos Forward Racing, yang musim ini masih berlaga di Moto2. Dua tahun lalu kepada Crash, Giovanni Cuzari menyebut angka 2,6 juta euro (sekitar Rp 45,1 miliar)sebagai biaya yang dibutuhkan untuk operasional tim Moto2 selama setahun.

8. Dinamai Mandalika Racing Team

Satu minggu berselang, Tim MotoGP Indonesia meresmikan nama timnya menjadi Mandalika Racing Team Indonesia. Nama yang identik dengan lintasan balap kelas Internasional yang akan dipakai mulai musim depan.

Mandalika Racing Team Indonesia memiliki visi meningkatkan prestasi dan kesejahteraan pembalap, juri, mekanik Indonesia. Misi utamanya adalah melakukan pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan.

9. Sudah Punya Desain Motor

Melalui akun Instagram @mandalikaracingteam, desain awal motor sudah ditampilkan. Dari sisi warna, motor Moto2 tim MotoGP Indonesia bakal mengombinasikan warna merah dan putih sesuai dengan warna bendera Republik Indonesia.

Warna merah disematkan pada area fascia, spakbor depan, tangki, bodi bawah belakang, dan sedikit di area engine guard. Sementara warna putih dilabur di bagian fairing dan seat cover belakang.

10. Disponsori BUMN Raksasa

Seperti yang telah dijanjikan oleh Kementerian BUMN, Tim MotoGP Indonesia yang kini resmi bernama Mandalika Racing Team Indonesia akan didukung oleh BUMN. Pada Jumat (23/10/2020) Rapsel mengkonfirmasi 4 dukungan BUMN raksasa kepada Mandalika Racing Team Indonesia.

Pertamina, Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, dan Pegadaian sudah dipastikan menjadi sponsor tim. Ada juga satu bank BUMN yang akan menjadi sponsor, tapi namanya masih dirahasikan.


(rip/din)