Sudah Sampai Mana Persiapan Tim Balap Indonesia di MotoGP 2021?

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 16 Okt 2020 16:10 WIB
Kemenpora-MotoGP Indonesia
Kemenpora, Kemenpar dan Kementerian BUMN dukung Tim MotoGP Indonesia. (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Indonesia akan unjuk gigi pertama kalinya di kancah balap motor dunia MotoGP. Tim MotoGP Indonesia yang dipimpin oleh Rapsel Ali akan memulai sepak terjangnya di kelas Moto2 mulai musim 2021.

Minggu lalu, Tim MotoGP Indonesia sudah mendapatkan 'restu' dari Kemeneterian Pemuda dan Olahraga. Pekan ini, Tim MotoGP Indonesia sudah mengamankan dukungan dari BUMN.

"Kita konsolidasi nasional dulu mulai dari Kemenpora, Kemenpar, dan Kementerian BUMN bersama DPR. Kemarin dalam kunjungan komisi VI DPR, semua pimpinan komisi menegaskan BUMN membackup Tim MotoGP Indonesia ini, karena ini tim merah putih karena itu sudah sepatutnya harus didukung," kata Rapsel saat dihubungi detikcom lewat sambungan telpon, Jumat (16/10/2020).

Rapsel juga menegaskan bahwa tim ini sudah siap dan dipastikan berpartisipasi di MotoGP 2021. Tim MotoGP Indonesia katanya akan segera diperkenalkan secara resmi bersama Kemenpora.

"Selanjutnya kita laucnhing bersama Kemenpora. Berarti tim sudah pasti akan berlaga di MotoGP pertama kali dari Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu terkait proses pengajuan partisipasi bersama MotoGP, Rapsel masih menahan informasi. Katanya semua rincian lebih lanjut mengenai tim ini mulai dari biaya dan lainnya akan diumumkan pada pengenalan tim secara resmi.

"Kalau itu nanti kami sampaikan pada saat launching," jawabnya.

Sementara ini salah satu pebalap yang direkrut menjadi joki andalan Tim MotoGP Indonesia pebalap kelahiran Indonesia, yakni Dimas Ekky Pratama. Pebalap yang genap berusia 28 tahun di bulan Oktober ini sudah merasakan tiga musim berkompetisi di kelas Moto2 dari tahun 2017 sampai 2019.

Terakhir Dimas Ekky membela Idemitsu Honda Team Asia pada tahun 2019 sebelum akhirnya digantikan oleh Andi Farid Izdihar. Pada musim ini Dimas Ekky tak ikut kompetisi balap Moto2 dan musim depan akan menjadi musim kembalinya ke lintasan bersama Tim MotoGP Indonesia.



Simak Video "Mandalika Masuk Sebagai Cadangan di Kalender MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)