Kamis, 01 Okt 2020 09:39 WIB

Bos Petronas SRT: Rossi Bukan Cuma Pebalap, tapi Aset Ekonomi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 13:  Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team drinks and prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP Of San Marino - Race at Misano World Circuit on September 13, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi dianggap punya aset ekonomi oleh tim Petronas Yamaha SRT. (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Valentino Rossi memastikan musim depan akan balapan bersama Petronas Yamaha Sepang Racing Team. Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, mengungkap tak mudah untuk memboyong Rossi ke timnya.

Razlan mengungkapkan kontrak antara Rossi, Yamaha dan Petronas SRT tertunda berbulan-bulan. Baginya, tak mudah untuk mengajak Rossi bergabung dengan tim MotoGP asal Malaysia itu.

"Valentino bukan pebalap biasa, dia juga aset ekonomi," kata Razlan seperti dikutip Speedweek.

"Ada peraturan yang harus dipatuhi, berbagai pihak terlibat, itu tidak membuatnya menjadi kesepakatan yang mudah."

"Dia memiliki hak merek dagang, kami harus memeriksa dengan mitra kami bahwa mereka semua dilindungi. Dan tentu saja, kami harus yakin saat mendiskusikan kru teknisnya," ucapnya.

Masalah membawa kru teknis ke Petronas juga membutuhkan waktu panjang. Sebab, The Doctor ingin sekali membawa awaknya yang sudah lama bersamanya ke tim MotoGP yang relatif baru ini.

"Awalnya kami punya satu syarat. Kami ingin membongkar struktur yang telah kami bangun sesedikit mungkin. Kami tidak ingin dia membawa seluruh krunya. Tapi dia bisa membawa orang-orang penting bersamanya, dan itulah mengapa kepala kru dan teknisi datanya mendatangi kami," ujar Razlan.

Akhirnya, Rossi membawa Kepala Kru David Munoz, pelatih riding Idalio Gavira, dan insinyur data Matteo Flamigni. Tapi, mekanik setianya Alex Briggs dan Brent Stephens tak ikut serta ke Petronas Yamaha SRT.

Meski Rossi pindah ke tim satelit, Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis menjanjikan Rossi akan mendapat dukungan penuh, termasuk spek motor yang ditunggangi Valentino Rossi.

"Yamaha akan terus memberikan dukungan penuh dengan menyediakan sebuah motor YZR-M1 berspesifikasi pabrikan. Pada akhirnya inilah yang dia putuskan," tutur Lin Jarvis seperti dikutip dari Yamaha Motor Racing.



Simak Video "Valentino Rossi Positif Corona, Absen di MotoGP Aragon"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com