Minggu, 27 Sep 2020 16:08 WIB

Spesial! Rossi Dimanjakan Spek Motor Pabrikan Meski Gabung ke Tim Satelit

Ridwan Arifin - detikOto
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 25: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team heads down a straight during the free practice of the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 25, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi dapat dukungan penuh, termasuk spek motor meski di tim satelit Petronas Yamaha SRTFoto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi resmi bergabung dengan Petronas Yamaha SRT di musim MotoGP 2021. The Doctor akan satu tim dengan anak muridnya di Akademi VR46, Franco Morbidelli mulai tahun depan.

Sudah hampir 19 tahun, Valentino Rossi terus berada di tim pabrikan. Pebalap berusia 41 tahun itu tentu mendapat banyak support yang begitu besar karena statusnya sebagai pebalap pabrikan.

Meski pindah ke tim satelit, Managing Director, Yamaha Motor Racing Lin Jarvis menjanjikan Rossi akan mendapat dukungan penuh, termasuk spek motor yang ditunggangi Valentino Rossi.

"Yamaha akan terus memberikan dukungan penuh dengan menyediakan sebuah motor YZR-M1 berspesifikasi pabrikan. Pada akhirnya inilah yang dia putuskan," tutur Lin Jarvis seperti dikutip dari Yamaha Motor Racing.

Menurut Lin Jarvis tidak tepat bagi seorang legenda harus pensiun di saat pandemi Virus Corona. Euforia-nya tidak akan terasa, menurutnya bukan hal mudah membujuk Valentino Rossi untuk membalap satu musim lagi di MotoGP.

"Saya sebelumnya menyatakan bahwa musim MotoGP yang dipengaruhi Covid-19 ini bukanlah tahun yang tepat bagi pebalap legendaris untuk menutup kariernya. Valentino selalu begitu populer dengan para penggemar di seluruh dunia, jadi sangat bagus dia memutuskan untuk melakukannya (balapan). lanjutkan setidaknya selama satu musim lagi," imbuh Lin Jarvis.

Rossi sadar betul akan usianya yang tak lagi muda dan bisa sewaktu-waktu dipecat oleh Lin Jarvis. Namun ia merasa masih kompetitif bersaing dengan pebalap muda lainnya, hasil ini ia simpulkan usai menjalani 7 seri di MotoGP 2020.

"Maverick kuat tahun lalu dan dan Fabio membuat beberapa hasil luar biasa, jadi sulit untuk mempertahankan tempat (pebalap pabrikan) itu untuk 2021. Saya selalu mengatakan Lin selalu bisa 'memecat saya', jadi saya pikir itu normal."

"Saya bertanya kepada Lin bahwa 'jika saya melanjutkan, Anda harus memberi saya pabrik ketiga M1 karena saya ingin terus melakukan apa yang saya lakukan', jadi saya menerapkan beberapa tekanan. Dia berkata 'Ya' karena 'hubungan denganmu dan Yamaha sangat spesial'."

"Saya sangat senang karena saya menikmati dan jika saya bisa kompetitif, saya ingin terus balapan tahun depan," jelas Rossi.



Simak Video "Insiden Rossi di MotoGP 2020: Motor Mogok hingga Low Side"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com