Minggu, 20 Sep 2020 15:47 WIB

Jelang MotoGP Emilia Romagna, Alex Marquez Curhat Susahnya Jinakkan Honda RC213V

Ridwan Arifin - detikOto
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 08: Alex Marquez of Spain and Repsol Honda Honda prepares to start in box during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 08, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Alex Marquez mengaku sulit kendalikan Honda RC213V Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Alex Marquez belum mendapatkan hasil yang maksimal di MotoGP 2020. Rider berusia 24 tahun itu terang-terangan mengaku Honda RC213V sulit untuk dijinakkan, meski sudah mendapat saran dari Marc Marquez.

Hasil terbaik Alex Marquez saat finis ke delapan di MotoGP Andalusia. Penampilannya menurun saat pentas di Red Bull Ring. Di MotoGP Austria, Alex Finis ke-14. Lalu di MotoGP Styria, Alex menempati peringkat ke-16. Pun saat MotoGP San Marino, Alex harus puas berada di posisi ke-17.

"Nasehat yang selalu dikatakan Marc adalah, kamu peru mengontrol motor Honda, jangan biarkan motor mengontrol kamu, karena akan lepas kendali."

"Motor Honda ini, kamu perlu mengambil alih, dari setang, (mencoba) dengan keras, dan membuat motor bergerak kemana pun kamu mau, karena jika tidak begitu maka tidak akan mungkin (mengontrol RC213V), itu adalah nasehat yang Marc berikan padaku," kata Alex Marquez seperti dikutip dari The-race, Minggu (20/9/2020).

Dominasi Marquez di MotoGP memunculkan rumor Honda hanya membangun motor untuknya. Ada anggapan RC213V diciptakan hanya untuk The Baby Alien. Menurut Alex Marquez, rider lain juga mengatakan bahwa Honda RC213V sulit dikendalikan.

"Kami tahu ini motor yang sulit, itu menuntut dari pengendara, semua pengendara yang mengendarai motor ini mengatakan hal yang sama, jadi saya bukan satu-satunya."

"Ini motor yang radikal, tetapi ketika Anda memiliki segalanya dan Anda mampu mengendalikannya, itu memiliki banyak potensi. Kita masih membutuhkan lebih banyak waktu," pungkas Alex Marquez.

Alex Marquez belum mengetahui penyebab motornya tak memiliki performa maksimal di Misano. Bisa jadi salah satu masalahnya ada salah pemilihan ban. Hasil kualifikasi, Alex harus memulai balapan dari posisi 17.

"Motor ini terasa hebat tapi saat kami pasang ban baru semuanya di luar kendali, motor sedikit berubah, dan menjadi radikal. Motor lebih banyak bergerak, bergetar, itulah yang coba saya kendalikan atau biasakan, tetapi masih sulit bagiku."

"Saya mungkin perlu memejamkan mata sedikit dan mendorong lebih banyak, tetapi saat ini saya tidak punya perasaan untuk melakukannya," pungkas Alex Marquez.

=======

Seri lanjutan MotoGP 2020 akan digelar kembali di Sirkuit Misano, San Marino (20/9). Seri balap bertajuk MotoGP Emilia Romagna 2020 ini juga disiarkan langsung di saluran Trans7 dan detikOto, mulai pukul 19.00 malam WIB.



Simak Video "Alex Marquez Back to Back Podium MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com