Sabtu, 19 Sep 2020 08:55 WIB

Maverick Vinales Desak Yamaha Siapkan Motor yang Lebih Baik dari Pekan Lalu

Rizki Pratama - detikOto
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 12:  Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  celebrates the MotoGP pole position during the MotoGP Of San Marino - Qualifying at Misano World Circuit on September 12, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Vinales mendesak Yamaha siapkan motor yang lebih baik untuknya. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Kendati tampil apik di sesi latihan dan mendapatkan pole position di MotoGP Misano minggu lalu, Maverick Vinales tidak mengakhiri balapan dengan naik podium. Ia pun mendesak Yamaha untuk memberikan respon atas keluhan motornya yang dirasa tidak maksimal saat balapan.

Vinales merasa motor yang ia kendarai tidak memiliki daya cengkeram yang ia inginkan. Diduga keluhannya itu berasal dari pilihan Vinales menggunakan ban belakang keras, namun ia menepis tudingan tersebut . Dia adalah satu-satunya pebalap yang menggunakan ban belakang keras di balapan sebelumnya.

"Saya harus lebih cepat. Jadi, jika saya lebih cepat dalam latihan, saya harus lebih cepat dalam balapan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Tentunya ini bukan hal yang mudah bagi kami karena kami sangat menderita sepanjang waktu," ujar Vinales kepada Motorsport.

"Tapi saya ingin reaksi dari Yamaha. Saya ingin mereka memberi saya yang terbaik, karena kami datang membuat rekor lap di kualifikasi menjadi binatang buas dan kemudian kami menjadi kucing kecil di balapan. Sesuatu yang aneh. Saya menerimanya dengan tertawa karena hanya itu yang bisa saya lakukan," lanjutnya.

Vinales telah melakukan pengujian pada Selasa lalu. Saat itu ia merasa kondisinya dalam keadaan baik begitu juga dengn motornya.

"Pada tes saya merasa baik, jujur, saya merasa luar biasa di atas motor. Kami melaju cepat karena pada akhirnya saya hanya memerlukan waktu rata-rata 1 menit 32 detik dengan banyak putaran," ungkapnya.

Ia juga mengomentari ban Michelin yang dinilai cukup bagus. Namun, ketika ban tersebut kehilangan cengkeraman motor menjadi sangat sulit dikendalikan.

"Seperti yang kita ketahui, saat ada ban Michelin, cengkeramannya bagus, saya bisa melakukan apapun yang saya mau dengan motor. Tapi saat tidak ada cengkeraman, sulit untuk dikendarai," kata Vinales.

Pada sesi tes itu Vinales juga menguji knalpot baru, swingarm karbon dan setinggan suspensi yang beda. Dari hasil tes itu ia cukup puas dan tampaknya akan menggunakannya di MotoGP Emilia Romagna akhir pekan ini.

Rekan setimnya, Valentino Rossi juga berencana untuk mengevaluasi kembali suku cadang baru akhir pekan ini. "Besok saya akan mulai dengan motor yang sangat mirip dengan akhir pekan lalu, itu juga menggunakan knalpot dan swingarm baru. Kami punya swingarm dan knalpot berbeda. Yang pasti kalau saya pakai pipanya pasti terlihat, karena sangat besar," jawab Rossi.



Simak Video "6 Pemenang dari 7 Balapan, Vinales: Juara Masih Terbuka Hingga Akhir Musim"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com