ADVERTISEMENT

Tak Cuma KTM, Suzuki Patut Diperhitungkan Jadi Juara MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 03 Sep 2020 16:59 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 21: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR leads the field during the MotoGP Of Styria - Free Practice at Red Bull Ring on August 21, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Suzuki dan KTM patut diperhitungkan jadi juara MotoGP. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

MotoGP 2020 kali ini tak hanya soal persaingan Honda, Yamaha, atau Ducati yang unggul. Ada tim yang tahun-tahun sebelumnya sempat diragukan tapi tahun ini cukup kompetitif. Termasuk KTM dan Suzuki.

KTM malah sudah memenangi dua dari lima balapan yang sudah digelar pada MotoGP 2020 ini. Suzuki sejauh ini juga menunjukkan tanda-tanda sangat kompetitif MotoGP.

Pebalap tim Suzuki, Joan Mir sempat memimpin saat GP Styrian sebelum diinterupsi bendera merah akibat kecelakaan Maverick Vinales. Hanya saja, saat balapan di-start ulang usai red flag, dia hanya puas dengan posisi keempat. Padahal, sebelum diinterupsi Joan Mir cukup melesat jauh di depan lawannya.

Joan Mir menganggap Suzuki sebagai salah satu pesaing gelar juara dunia. Pebalap berusia 23 tahun itu memang berada di urutan kedelapan dalam klasemen keseluruhan, sementara rekan setimnya Alex Rins bertengger di urutan ke-13 klasemen sementara.

"Kami memiliki motor yang hebat, dan itu menunjukkan fakta bahwa kami berada di posisi podium dan kami mampu memperebutkan kemenangan meskipun (motor) kami memiliki tenaga yang jauh lebih sedikit daripada lawan lainnya," kata Mir dikutip Speedweek.

"Artinya keseimbangannya pas. Saya sangat bangga dengan tim saya dan Suzuki jelas merupakan salah satu pesaing perebutan gelar," katanya.

Rekan setimnya, Rins, yang masih berjuang dengan cedera bahunya, juga memuji bahwa motornya terasa hebat.

Manajer tim Davide Brivio juga yakin Suzuki GSX-RR tahun ini bisa membawa hasil yang bagus. "Kami memiliki banyak potensi, dengan motor dan dengan dua pembalap kami. Sekarang ini adalah trek ketiga di mana kami sangat kompetitif," katanya.

Di atas kertas, Suzuki GSX-RR tunggangan Joan Mir dan Alex Rins di MotoGP menggendong mesin 4 silinder segaris DOHC 4 katup berpendingin cairan. Mesin berkapasitas 1.000 cc itu memiliki tenaga maksimal hingga 240 PS.

Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi seamless system enam percepatan. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 340 km/jam.

Motor itu menggunakan sasis twin-spar aluminium, suspensi depan dan belakang Ohlins. Untuk daya pengereman, Suzuki GSX-RR menggunakan sitem rem dari Brembo.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT