Senin, 24 Agu 2020 13:03 WIB

Kerennya Safety Car MotoGP Styria

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car BMW merilis M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car untuk dipakai mengawal gelaran MotoGP. Foto: Dok. BMW
Spielberg -

Ada yang baru di gelaran MotoGP Styria, semalam WIB. Bukan motor baru, tapi mobil baru yang dipakai di sirkuit Red Bull Ring dalam balapan MotoGP Styria. BMW sebagai sponsor utama MotoGP Styria menyajikan sebuah safety car terbaru, BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car.

Dalam siaran pers BMW disebutkan, safety car yang digunakan di MotoGP 2020 ini berbasis BMW M8 Competition Gran Coupe. Sudah bertahun-tahun mobil BMW digunakan sebagai safety car MotoGP.

Mobil berperforma tinggi dari Munich itu telah memastikan keselamatan di puncak balap motor sejak 1999. Kini, Safety Car BMW M8 Gran Coupe MotoGP menjadi ujung tombak armada Safety Car MotoGP.

BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety CarBMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car Foto: Dok. BMW

"Aspirasi kami adalah memanfaatkan semua keahlian kami, teknologi inovatif dari motorsport dan ide-ide baru untuk memastikan keselamatan di MotoGP," kata Markus Flasch, CEO of BMW M GmbH.

"BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car adalah contoh terbaru dari seri safety car yang sudah lama dicoba dan diuji. Dengan performa 625 hp dan banyak komponen yang dikembangkan dalam olahraga balap mobil, seperti sasis dan sistem pengereman, ia dilengkapi dengan sempurna untuk tugasnya di arena balap dunia."

BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety CarBMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car Foto: Dok. BMW

BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car adalah mobil sport empat pintu. Berbekal mesin V8 bertenaga 625 daya kuda, mobil ini memastikan keselamatan para pebalap MotoGP selama berlangsungnya balapan. Adapun salah satu tugasnya adalah memastikan lintasan sirkuit aman untuk dipakai balapan.

Mobil ini memang cocok digunakan di sirkuit. Akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 3,2 detik.

Livery yang digunakan BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car juga baru. Terdapat bagian hitam pekat dalam lapisan anti-reflection. Ini meningkatkan optik kokpit dan meningkatkan fokus pengemudi. Grafik yang didekonstruksi dalam warna khas M juga mencolok. Livery itu adalah representasi simbolis dari era digital motorsport.

Untuk perannya sebagai lead car MotoGP, BMW M8 Gran Coupe MotoGP Safety Car telah dilengkapi dengan sejumlah komponen BMW M Performance. Ini termasuk penutup mesin karbon, juga penyempurnaan cover spion, spoiler belakang dan diffuser belakang, grile dan setir karbon. Flap depan dan splitter depan karbon dibuat secara eksklusif dengan tangan.

Jok sport Recaro memberikan dukungan yang sempurna bagi pengemudi, bahkan pada kecepatan tinggi. Yang juga penting untuk servis sebagai mobil pengaman adalah bilah lampu di atap yang menggunakan teknologi LED terkini.



Simak Video "Line-up Sementara Pembalap MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com