Sabtu, 15 Agu 2020 14:59 WIB

Pol Espargaro: Zarco Sengaja Menjatuhkan Saya di MotoGP Ceko

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 09: Pol Espargaro of Spain and Red Bull KTM Factory Racing  leads Johann Zarco of France and Reale Avintia Racingduring the MotoGP race during the MotoGP Of Czech Republic at Brno Circuit on August 09, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pebalap Red Bull KTM, Pol Espargaro, menuduh Johann Zarco sengaja menyenggolnya di MotoGP Ceko, pekan lalu. Seperti diketahui, Pol terjatuh di tikungan 1 lap 10 setelah mengalami kontak dengan pebalap Avintia Racing tersebut.

Dikutip dari Visordown, Pol mengatakan bahwa Zarco sengaja melakukan itu karena tidak ingin melihatnya finis di depan dia, bahkan sampai naik podium. Saat itu Pol sedang berusaha mengejar Zarco yang berada di posisi tiga.

"Kecelakaan itu... Zarco tidak peduli dengan saya pada saat itu, dia hanya mengemudi dan menginginkan terjadi kontak, dia mencarinya dan dia mendorong saya dan membuat saya terjatuh," kata Pol.

"Race direction melihatnya seperti itu jadi dia mendapat penalti, karena penalti ini tidak cukup (menghukumnya), dia masih bisa naik podium. Dia menabrak orang yang seharusnya finis di depannya, jadi dia tidak akan naik podium. Baginya itu adalah pekerjaan yang sempurna," sambung Pol Espargaro.

Akibat perbuatannya, Zarco menerima hukuman long lap. Artinya, ia harus melewati bagian garis sisi luar di titik tikungan yang ditentukan, sehingga ia berpotensi disalip pebalap lainnya yang menikung di sisi dalam.

"Ketika kami melakukan kontak, saya tidak yakin apakah dia jatuh, tapi saya tidak bisa mendengarnya lagi. Saya agak khawatir karena saya tahu peraturannya cukup ketat, tetapi tidak ada penalti yang datang jadi saya pikir saya baik-baik saja," kata Zarco.

"Ketika saya mendekati Fabio dan melewatinya, saya mendapat penalti long lap, yang cukup memalukan. Sebab dari posisi ketiga saya pikir akan kehilangan posisi dan akan sulit memperebutkan podium. Ketika tidak ada yang menyusul, saya mendapat kesempatan kedua dan itu bekerja dengan baik," sambung Pol Espargaro.

"Saya terkena penalti dan saya pikir saya akan melakukannya segera jadi saya tidak kehilangan konsentrasi dan saya terkejut melihat saya melakukan itu dengan luar biasa. Saya mengira pebalap lain datang dan menyalip, sehingga saya kehilangan dua atau tiga posisi, tetapi tidak ada yang datang. Ini pertama kalinya saya melakukan manuver dengan sudut begitu lebar," kata pebalap asal Prancis itu.

===

Saksikan live streaming MotoGP Austria di detikOto, Minggu (16/8) pukul 20.00 WIB. Balapan juga bisa ditonton pada siaran langsung di Trans7



Simak Video "Pol Espargaro Tercepat di Kualifikasi MotoGP Styria 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com