Sabtu, 15 Agu 2020 08:11 WIB

Bos KTM Ungkap 'Tangan Dingin' Pedrosa dalam Sukses Timnya

Ridwan Arifin - detikOto
Dani Pedrosa Dani Pedrosa Foto: KTM
Jakarta -

Secara mengejutkan pabrikan KTM menjuarai seri ketiga Brno, Republik Ceko, akhir pekan kemarin. Hal ini tidak terlepas dari tangan dingin mantan pebalap Honda, Dani Pedrosa.

Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, menilai strategi KTM merekrut Dani Pedrosa sebagai pebalap uji KTM bisa meraih hasil maksimal di MotoGP, hingga meraih kemenangan perdana.

Pernat menyebut bahwa Pedrosa punya peran penting mengembangkan RC16 dan menjadi kunci keberhasilan besar di MotoGP Ceko.

"Semua keraguan saya mengenai KTM sudah terkikis. Ini merupakan hasil bagian dari strategi Puig dan Honda: membiarkan Pedrosa pergi dan membiarkan dia bergabung dengan KTM. Itu yang menjadi kuncinya," kata Pernat di GP One.

Lebih lanjut Bos KTM, Pit Beirer mengatakan sentuhan Pedrosa di motor KTM sedikit banyak membawa pengaruh.

"Kritik terbesar terhadap motor Kami adalah hanya Pol Espargaro yang bisa mengendarainya," kata Pit Beirer seperti dikutip GPone, Jumat (14/8/2020).

"Kami banyak bekerja dengan Dani dan Mika, tetapi Dani memberi proyek arah yang berbeda, pada kerangka, suspensi, dan bahkan mesin. Tentu, kami mengambil teknisi (dari pabrikan) lain, tetapi tidak pernah menirunya. Motor ini benar-benar berbeda dari tiga tahun sebelumnya," sambung Pit.

Seperti diketahui, Pedrosa bergabung ke KTM selepas memutuskan pensiun dari MotoGP pada 2018. Namun ia tak bisa langsung menjalankan tugas barunya di musim 2019, sebab harus menepi tiga bulan usai menjalani operasi stem cell. Pedrosa baru bisa bekerja penuh menuju musim 2020.

"Ada perbedaan besar antara motor 2019 dan 2020. Kami kuat dalam pengereman, tapi kerugian kami sebenarnya adalah understeering," ucap Pit.

Pengembangan motor pun dilakukan hingga akhirnya KTM bisa mendapat kemenangan pertama akhir pekan kemarin.

"Saya tidak perlu menunggu orang lain untuk mengembangkan komponen ini. Kami melakukan semuanya sendiri. Hari ini, mudah untuk berbicara dan mengatakan itu hal yang benar, tetapi tidak ada bukti bahwa sampai Minggu lalu." jelasnya.

MotoGP Austria akan berlangsung akhir pekan ini. KTM jelas kembali mengincar hasil maksimal saat beradu cepat di kandanngnya



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com