Kamis, 13 Agu 2020 10:23 WIB

Red Bull Ring Kurang Cocok untuk Yamaha, Akankah Rossi Cs Juara?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 26:   Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Andalucia - Race at Circuito de Jerez on July 26, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Sirkuit Red Bull Ring yang menuntut kecepatan tertinggi motor dianggap kurang cocok dengan Yamaha. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Spielberg -

MotoGP 2020 akhir pekan ini akan digelar di Austria, tepatnya di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg. Pebalap Yamaha, Valentino Rossi belum pernah naik podium di kelas MotoGP di sirkuit ini.

Dilansir Speedweek, sejauh ini Yamaha dan Spielberg disebut kurang cocok. Meski, MotoGP Austria musim lalu, tiga pebalap Yamaha memang finis di 5 besar.

Pebalap tim satelit Yamaha Fabio Quartararo berhasil memijak podium dengan finis ketiga di MotoGP Austria 2019, selisih enam detik dengan Andrea Dovizioso yang menjadi juara MotoGP Austria 2019. Setelah Quartararo, Valentino Rossi menempati posisi keempat dan Maverick Vinales di posisi kelima.

Setidaknya itu menjadi sinyal positif bagi Yamaha untuk melakoni balapan di sirkuit Red Bull Ring. Namun, Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli tak terlalu optimistis.

"Tim sangat menyukai Spielberg, ini adalah tempat yang indah. Namun secara tradisional tentu saja tidak mudah bagi kami. Itu karena tata letaknya menuntut kecepatan tertinggi dan itu bukan kekuatan terbesar kami. Kami ingin membangun performa tahun sebelumnya," kata Meregalli dikutip Speedweek.

Meski begitu, Valentino Rossi mengaku siap dan optimistis menjalani balapan di Austria. Itu karena dia sudah mulai pede dengan motornya.

"Ini akan berbeda dari tiga balapan pertama (MotoGP 2020). Lebih dingin di Austria. Itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi tetap saja, penting bagi kami untuk menjadi kompetitif di sini juga. Kami akan memberikan yang terbaik," sebut juara dunia sembilan kali itu.

Rossi yang saat ini menempati posisi ketujuh di klasemen sementara belum pernah naik podium di Austria. Jika ia berhasil finis setidaknya di tiga besar, Rossi akan meraih podium ke-200 di kelas primer.

Sementara itu, Vinales juga mengakui bahwa sirkuit Red Bull Ring di Spielberg cukup menantang. Namun, hasil positif MotoGP Austria musim lalu setidaknya membuat Vinales lebih yakin.

"Ada banyak tikungan di mana Anda harus mengerem dan kemudian dengan cepat berakselerasi lagi. Ini juga tentang mengendalikan degradasi ban," ucap Vinales.

===

Saksikan live streaming MotoGP Austria di detikOto pada Minggu (16/8) malam pukul 19.00 WIB. Tayangan ini bisa disaksikan juga melalui siaran langsung MotoGP di Trans7



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com