Rabu, 12 Agu 2020 16:14 WIB

Nah Lho, Quartararo Tuding KTM Main Curang dengan Michelin

Tim Detikcom - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 25: Brad Binder of Germany and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP of Andalucia - Qualifying at Circuito de Jerez on July 25, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Brad Binder dan KTM dituding curang pada MotoGP Republik Ceko, akhir pekan lalu (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Masih ada yang mengganjal dalam diri Fabio Quartararo setelah dirinya cuma finis ketujuh di MotoGP Republik Ceko. Dia kini menuding KTM main curang dengan produsen ban Michelin.

Quartararo, yang jadi pemenang pada dua balapan pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, hanya bisa fins di urutan tujuh pada MotoGP Republik Ceko. Balapan tersebut pada akhirnya memunculkan kejutan saat Brad Binder yang menunggangi KTM berhasil naik podium teratas.

Dari hasil balapan itu, Fabio Quartararo menyuarakan kecurigaan akan adanya kecurangan yang dilakukan KTM dengan Michelin. KTM dan Michelin dituding Quartararo telah melakukan banyak tes bersama, sehingga KTM tahu benar ban apa yang dibutuhkan saat membalap di Sirkuit Brno.

"KTM sudah melakukan banyak tes di Brno dan Austria dan saya pikir Michelin juga sudah bekerjasama dengan mereka untuk mendapatkan ban yang paling cocok untuk balapan ini (MotoGP Republik Ceko)," sergah Quartararo dikutip dari Moto.it.

Quartararo menyebut dirinya kehilangan grip ban nyaris sepanjang separuh balapan, hal mana dirasakan juga oleh banyak pebalap lain. Tapi KTM dan Brad Binder melaju mulus-mulus saja di sana.

"Saya yakin Michelin telah membawa ban yang tepat berdasarkan apa yang sudah mereka lakukan di tes. Jadi mereka (KTM) sudah punya banyak pengalaman bahkan sebelum balapan dimulai," lanjut pebalap asal Prancis itu.

Quartararo memakai ban keras dan lunak pada balapan akhir pekan kemarin, sementara Binder memilih kombinasi ban keras dan medium.

Selain Binder, KTM dianggap punya peluang untuk menempatkan dua pebalapnya di atas podium pada balapan tersebut. Itu bisa terjadi andai Pol Espargaro tidak mengalami crash setelah bersenggolan dengan Johann Zarco di lap 10.

===

Saksikan live streaming MotoGP Austria di detikOto pada Minggu (16/8) malam pukul 19.00 WIB. Tayangan ini bisa disaksikan juga melalui siaran langsung MotoGP di Trans7



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com