Senin, 10 Agu 2020 16:16 WIB

Terungkap! Morbidelli Sudah Pakai Jatah 5 Mesin Yamaha

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 07:  Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT  leads the field  during the MotoGP Of Czech Republic - Free Practice at Brno Circuit on August 07, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Franco Morbidelli. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Dalam balapan awal MotoGP musim 2020, Yamaha memiliki masalah pada mesin. Di dua balapan awal yang digelar di sirkuit Jerez, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli mengalami kendala pada mesin motornya sehingga harus mengakhiri balapan sebelum finis. Maverick Vinales juga mengalami masalah teknis pada mesin motornya saat kualifikasi di Jerez.

Vinales bahkan sudah membuka kelima jatah mesin motor MotoGP yang dialokasikan untuk musim ini. Seperti diketahui, tim unggulan MotoGP mendapat jatah 5 mesin untuk melakoni 14 seri balapan MotoGP musim 2020 ini.

Ternyata tak cuma Vinales yang menghabiskan jatah mesinnya, Morbidelli pun telah membuka kelima segel mesin motornya yang dijatahkan untuk musim ini. Dilansir GP One, data dari Dorna Sport menyebutkan bahwa di Brno, Franco Morbidelli telah menggunakan mesin kelima sekaligus mesin terakhirnya untuk musim ini.

Satu mesin Morbidelli telah dihapus dari daftar ketersediaan. Mesin yang dihapus itu adalah mesin yang bermasalah saat MotoGP Jerez dua pekan lalu.

Yamaha sendiri belum mengungkapkan masalah apa yang melanda pada mesin Yamaha YZR-M1 di gelaran MotoGP. Saat ini, mesin yang bermasalah dibawa ke markas Yamaha di Iwata, Jepang, untuk dianalisis.

"Sejak masalah pertama terjadi, (tim Yamaha di) Iwata bekerja nonstop untuk mencoba memahami penyebabnya. Selama belum ada kepastian, kami tidak bisa memberikan komentar," kata direktur tim MotoGP Yamaha, Massimo Meregalli.

Meregalli menegaskan suhu panas di Jerez bukan menjadi penyebabnya. Tim Yamaha di Jepang mengonfirmasi hal itu.

"Suhu oli dan air (radiator) tinggi, tapi terkendali," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rossi mengalami masalah pada mesinnya ketika melakoni MotoGP Spanyol 2020. Mesinnya mati setelah ada peringatan merah di dasbor. Sementara Morbidelli merasakan hal yang sama di MotoGP Andalusia yang masih menggunakan sirkuit Jerez. Mesin motor Morbidelli bermasalah tanpa ada tanda-tanda di dasbornya. Vinales juga merasakan hal aneh di motornya saat kualifikasi di Jerez. Ia mendengar suara tak normal pada mesin motornya.



Simak Video "Kemarin Rossi, Kini Morbidelli yang Tiba-tiba Menepi di MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com