Kamis, 06 Agu 2020 20:11 WIB

Repsol Honda: Pelat Lengan Marquez Patah karena Membuka Jendela

Tim Detikcom - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 23: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team arrives on track after the surgery on Tuesday in Barcelona during the MotoGP of Andalucia - Previews at Circuito de Jerez on July 23, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Patah pelat titanum pada lengan Marc Marquez terjadi saat dia membuka jendela (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Repsol Honda akhirnya mengungkapkan apa penyebab pelat di lengan Marc Marquez sampai patah dan dia harus kembali dioperasi. Katanya, Marquez dapat cedera saat membuka jendela di rumah.

Marquez kembali jadi perhatian di awal pekan ini saat dia diberitakan kembali naik meja operasi. Tim Repsol Honda kemudian mengonfirmasi dengan mengatakan sang juara dunia harus menjalani operasi kedua lantaran pelat titanium, yang dipasang untuk membantu penyembuhan patah lengannya, patah.

Spekulasi yang berkembang menyebut Marquez terlalu memaksakan diri berlatih sehingga membuat pelat tersebut patah. Rider 27 tahun itu pada beberapa kesempatan memang memposting dirinya tengah menjalani latihan fisik meski dalam kondisi cedera lengan.

Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, kini mengungkapkan penyebab pasti patahnya pelat titanium di lengan kanan Marc Marquez. Dalam pernyataannya jelang MotoGP Republik Ceko, Puig menyebut patah pelat itu lantaran 'kecelakaan domestik'.

"Itu karena kecelakaan domestik kali ini, karena dia mencoba membuka jendela dan tiba-tiba saja dia merasa sangat kesakitan. Kemudian kami periksa dan ternyata pelatnya patah," ucap Puig dikutip dari situs resmi MotoGP.

Meski pelat tersebut patah karena membuka jendela, Puig tak membantah kalau itu merupakan akumulasi dari tekanan yang didapat lantaran Marquez terus melakukan latihan.

"Ini (patahnya pelat) mungkin disebabkan setelah mendapat banyak tekanan yang dia dapatkan di lengannya. Tapi kami datang ke Jerez karena dokter bilang oke dan tak pernah bilang ke kami kalau pelatnya bisa patah."

"Jika kami diberi tahu soal hal ini, mungkin dia tak akan pergi ke Jerez atau Honda akan menginzinkan dia mencoba mengendarai motor," tuntas Puig.

Karena patah pelat yang mengharuskan kembali naik meja operasi, Marc Marquez dipastikan absen dalam gelaran MotoGP Republik Ceko di akhir pekan ini.

Bagaimana peluangnya tampil di MotoGP Austria, yang digelar pekan depan, masih tanda tanya besar.



Simak Video "Crash yang Membuat Absen Marquez Berlanjut di MotoGP Austria"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com